Mohon tunggu...
Luluk Magfiroh
Luluk Magfiroh Mohon Tunggu... Full Time Blogger - ibu Rumah tangga

mencoba mengikat ilmu dengan menulis dan berbagi ilmu dengan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Tips Tetap Sehat dan Awet Muda walau Memiliki Banyak Anak

13 Februari 2023   13:06 Diperbarui: 13 Februari 2023   13:11 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Tips tetap sehat dan awet muda walau memiliki banyak anak

Halo teman, menjadi tetap awet muda seiring bertambahnya usia adalah impian banyak wanita. Karena semakin tahun usia kita semakin bertambah dan menjadi tua itu sesuatu yang sudah pasti dan mutlak. Kita tidak mungkin bisa memutar kembali waktu dan menjadi muda lagi. Yang bisa dilakukan adalah menjaga diri supaya tetap sehat dan bisa terlihat seperti muda walaupun usia semakin bertambah. Emang bisa yaa?? Hmm, coba kita bahas !

 Kondisi Tubuh setelah melahirkan 

Mengandung hingga melahirkan bukanlah waktu yang singkat. Kurang lebih 9 bulan lamanya dan pada masa ini tubuh wanita mengalami banyak perubahan baik fisik maupun psikis. Puncak dari perubahan itu adalah saat melahirkan dan menyusui.

Setelah melahirkan, adad beberapa perubahan yang dialami oleh tubuh seorang ibu,  yaitu:

  • Perubahan bentuk tubuh: Bentuk tubuh terutama bagian perut tidak seperti sebelum hamil dan memerlukan waktu untuk kembali ke bentuk semula.dengan berbagai usaha tentunta seperti olahraga dan memakai korset supaya area perut dapat mengecil seperti semula atau setidaknya tidak sebesar pasca melahirkan.
  • Nyeri panggul: Nyeri panggul adalah hal yang umum terjadi setelah melahirkan, terutama bagi mereka yang melahirkan secara normal.
  • Perubahan hormon: Tingkat hormon ibu akan berubah setelah melahirkan, yang dapat mempengaruhi mood dan membuat ibu merasa sedikit lebih sensitif.
  • Kelelahan: Ibu baru akan merasa sangat lelah karena perubahan hormon dan beban fisik yang dihadapi saat melahirkan. Karena ibu mulai beradaptasi denganperan baru dan rutnitas baru seperti begadang, menyusui, menggendong dan merawat bayi.
  • Perubahan dalam produksi air susu: payudara ibu yang awalnya biasa akan menjadi berisi air susu saat proses kehamilan. Ketika ibu sudahmelahirkan, ASI siap dikonsumsi bayi. Bahkan selama menyusui bisa saja payudara ibu menjadi besar sebelah dan ini adalah hal yang lumrah. Begitu juga dengan produksi air susu ibu yang bisa berubah, tergantung dari tingkat pikiran dan makanan yang dikonsumsi ibu.

Meskipun demikian, setiap ibu akan mengalami perubahan yang berbeda dan mungkin membutuhkan waktu yang berbeda untuk pulih setelah melahirkan. Sangat penting bagi ibu untuk memberikan dukungan dan waktu untuk diri sendiri dan mencari bantuan jika diperlukan

Kondisi Kulit Ibu Pasca Melahirkan

Pasca melahirkan, Ibu tidak hanyamengalami  perubahan bentuk tubuh saja. Tetapi , banyak wanita mengalami perubahan pada kulit mereka, termasuk penuaan dini. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penuaan kulit setelah melahirkan meliputi:

  • Perubahan hormon: Pertumbuhan dan produksi kolagen yang menurun selama kehamilan dapat mempengaruhi kondisi kulit setelah melahirkan.
  • Kekurangan tidur: Kelelahan dan kurangnya waktu tidur yang berkualitas karena merawat bayi dapat mempengaruhi kondisi kulit.
  • Stres: Stres emosional dapat mempercepat proses penuaan pada kulit.
  • Paparan sinar matahari: Paparan sinar matahari tanpa melindungi kulit dapat mempercepat proses penuaan dan membuat kulit tampak kasar dan kusam.
  • Tidak memiliki waktu untuk merawat diri , hal ini dikarenakan pasca melahirkan ibu akan disibukkan dengan merawat bayi , sehingga tidak emmiliki energy dan waktu untuk dirinya sendiri.

Faktor-faktor di atas mempengaruhi kondisi penampilan ibu pasca melahirkan. Tak jarang kita temui ibu dengan balita yang berpenampilan sederhana dan tanpa make up. Bagi mereka yang penting kebutuhan anak terpenuhi, urusan dirinya sendiri nomor belakangan. Padahal merawat diri juga penting dan dapat berpengaruh pada kondisi mood.

Jika ibu merasa dirinya cantik, bersih dan dicintai, maka ia akan memberikan energi positif terhadap bayinya dan dapat merawatnya sepenuh hati. Dan memang perlu sekali adanya support system dari orang terekat untuk mewujudkannya supaya tidak sampai terjadi baby blues syndrome atau postpartum depression.

Tips supaya tetap sehat dan terlihat awet muda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun