Mohon tunggu...
Lukman Hakim Dalimunthe
Lukman Hakim Dalimunthe Mohon Tunggu... Founder Perpus Rakyat

Menulis untuk Hidup

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Ada Opsi Anak-anak WNI Eks ISIS Akan Dipulangkan Pemerintah

24 Februari 2020   21:49 Diperbarui: 24 Februari 2020   21:54 125 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada Opsi Anak-anak WNI Eks ISIS Akan Dipulangkan Pemerintah
Foto: kompas.com

Perdebatan mengenai pemulangan Eks WNI kombatan ISIS menjadi perhatian publik beberapa Minggu lalu. 

Polemik pemulangan tersebut sungguh menyita waktu semua pihak. Apalagi ketakutan akan dijadikannya Indonesia sebagai "ladang" aksi terorisme mereka telah mengakar di alam bawah sadar masyarakat. 

Kasus intoleransi, radikalisme, dan terorisme merupakan salah satu pekerjaan berat negara ini. Beberapa kali aksi bom bunuh diri menyebabkan luka mendalam bagi korban. Hal ini  menjadikan mereka trauma yang mendalam atas pemulangan kombatan ISIS.

Atas hal itu, pemerintah melalui Menkopolhukam mengambil sikap tegas pada 11 Februari lalu dengan tidak memulangkan kombatan ISIS tersebut.

Ketika itu, Mahfud MD hanya mengatakan akan mempertimbangkan untuk memulangkan anak-anak yatim piatu kombatan ISIS. 

Beberapa pihak sebenarnya telah mendesak pemerintah untuk memulangkan anak-anak tersebut. Sebut saja Setara Institut dan Komnas HAM. 

Saya juga ketika itu sempat menuliskan mengapa anak-anak kombatan ISIS ini perlu dipulangkan. Tulisan tersebut mendapatkan hujatan di Twitter. 

Baca juga: Netizen, di Mana Hati Anda Menyaksikan Anak-anak Eks ISIS Ini?

Mereka tidak memberikan argumentasi yang jelas, malah menyerang pribadi penulis. Ada yang mengatakan saya ISIS lah, pendukung teroris lah, dan sebagainya. 

Mahfud MD di hadapan para wartawan menjelaskan bahwa pemerintah telah mengeluarkan sikap resmi akan anak-anak kombatan ISIS. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN