Mohon tunggu...
Lukita perwita sari
Lukita perwita sari Mohon Tunggu... Auditor - MAHASISWI PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAl UNIVERSITAS POTENSI UTAMA

bio harus diisi tapi gatau

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan featured

Peluang Bisnis: Merchandise Para K-Popers di Tengah Fenomena Korean Wave

21 September 2020   21:45 Diperbarui: 20 Juni 2021   08:02 3798
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Belanja fankit Kpop di Korea Selatan. (Dok. Korea Tourism Organization via kompas.com)

Saat ini fenomena Korean Wave sudah menjamur diberbagai kalangan masyarakat Indonesia, terutama para remaja.

Produknya pun beragam, mulai dari Boy/Girl Band, Drama Korea, Fashion, Skincare, dan merambat sampai ke hal hal kecil seperti pernak pernik atau yang biasa disebut merchandise. 

Istilah merchandise pasti tidak asing lagi dikalangan para Kpopers baik itu musik, film ataupun aktor dan aktrisnya.

Merchandise sendiri merupakan pernak-pernik yang sering kita jumpai dan dipakai oleh banyak orang diberbagai kesempatan. 

Contohnya adalah pada kaos polos dengan sablon atau bordir yang ada gambar dan logo tertentu, atau bisa juga pada payung, jam dinding, flashdisk, pulpen, buku, cangkir, aksesoris dan banyak lagi hal lainnya.

Nah biasanya para penggemar fanatik selalu ingin mengoleksi benda benda yang berkaitan dengan idolanya, hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para perusahaan Korea Selatan untuk memproduksi pernak pernik yang berhubungan dengan para idol tadi.

Sejujujurnya tidak sulit mecari konsumen jika kita berniat menjual Merchandise, pasalnya banyak sekali orang orang disekeliling kita yang pasti adalah seorang penggemar Korea. Bahkan teman teman sendiri pun kebanyakan para Kpopers.

Sebagai seorang Kpopers saya melihat hal ini sebagai peluang usaha yang akan membawa keuntungan. Selain bisa menyalurkan hobi kita juga bisa menghasilkan uang. 

Namun, hal ini juga memunculkan stigma di masyarakat yang mengatakan bahwa barang barang merchandise cenderung mahal, sebenarnya hal ini tergantung dari seberapa bagus atau tidaknya kualitas barang yang dipasarkan tersebut.

Kebanyakan para pedangang Merchandise menggunakan sistem PO (Pre-Order) yang mana barang harus dipesan dahulu dari luar negeri dan prosesnya biasanya bisa sampai 1 atau 2 minggu, tergolong lama memang.

Ongkos kirim yang tergolong mahal merupakan salah satu hambatan yang juga biasanya dihadapi oleh para penjual Merchandise, semakin jauh jaraknya maka semakin mahal harga ongkos kirimnya. 

Sumber : koinworks.com
Sumber : koinworks.com

Yang jadi masalah adalah jika kita berjualan sedangkan harga patokannya belum termasuk ongkos kirim maka pasti calon konsumen akan berpikir dua kali untuk membeli barang tersebut.

Belum lagi hambatan dari cacat produksi, biasanya jika kita menjual barang dengan sistem PO hal yang juga ditakuti adalah jika barang yang datang ternyata memiliki cacat produksi,  inilah yang akan berimbas pada penghasilan kita sebagai pedangang karena akan merugikan.

Namun saya berpikir sebenarnya tidak perlu semua barang harus memakai sistem PO. Misalnya cangkir, baju, totebag, gantungan kunci, dan sesuatu yang lain yang bisa kita produksi sendiri.

Jika kita memiliki teman yang kreatif dan bisa menggambar kita bisa bekerjasama untuk mendesign pernak pernik itu sendiri, saya rasa ini muudah dilakukan. Kecuali barang barang seperti album dan ligh stick yang mungkin memang harus langsung dibeli langsung dari Korea.

Selain itu keuntungan sistem produksi yang seperti ini kita bisa memilih sendiri kualitas barang barang yang akan kita pasarkan. 

Misalnya saja ingin membuat kaos, kita bisa membeli kaos dengan kualitas yang bagus kemudian tinggal ditambahkan dengan memberikan design sablon pada kaos tersebut.

Hal ini juga akan membuat para konsumen senang karna tidak perlu menunggu proses PO yang memakan waktu lama dan harganya juga bisa disesuaikan karena barang tersebut tidak melewati beacukai lagi.

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan teknologi untuk promosi, memang tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi membawa banyak kentungan dari segi apapun, salahsatunya sebagai media promosi.

Hal ini bisa kita terapkan juga pada bisnis yang kita jalani sebagi metode untuk menyebarluaskan atau meberitahukan barang barang yang kita jual. Berikan testimoni dan sesekali mengadakan give away agar lebih menarik.

Agar bisnis berjalan dengan lancar yang dibutuhkan adalah konsisten, dan harus selalu rajin update tentang tren apa yang sedang happening di Korea, kalau bisa lakukan juga kerjasama dengan akun akun social media Kpop dan fan accountnya, supaya target pasar tidak putus.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun