Mohon tunggu...
Reika Harlistiya
Reika Harlistiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University

Ekonomi Syariah

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Menapaki Jejak Industri Fesyen Muslim: Membidik Peluang Bisnis di Indonesia

14 Maret 2024   08:03 Diperbarui: 14 Maret 2024   08:14 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

         Indonesia sebagai Negara dengan penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, tentunya memiliki pasar yang besar untuk industri halal. Halal fesyen merupakan salah satu sektor industri halal yang kini sangat menjanjikan. Mengingat saat ini mayoritas muslim Indonesia telah menyadari pentingnya berpakaian yang sesuai dengan syariat Islam. Hal tersebut membuat banyak para pengusaha yang tertarik untuk membuka bisnis di bidang fesyen muslim. Respon masyarakat yang baik juga membuat peluang bisnis di industri fesyen muslim semakin besar. Kini, merek fesyen muslim lokal banyak mendapat perhatian dari berbagai kalangan masyarakat.

        Seiring berjalannya waktu, perkembangan fesyen muslim di Indonesia semakin inovatif dan bervariasi. Para desainer dan pengusaha fesyen pun mulai menciptakan berbagai koleksinya yang tidak hanya memenuhi standar kebutuhan syariat, namun juga mengikuti gaya dan tren terkini. Bahkan Indonesia Islamic Fashion Consortium (IIFC)  memperkirakan Indonesia akan menjadi pusat fesyen muslim dunia pada tahun 2020. Prediksi tersebut akhirnya menjadi kenyataan, seiring dengan perkembangan industri fashion muslim  Indonesia yang terus berkembang sangat pesat hingga saat ini. Adanya peluang dari pertumbuhan pasar global, membuat Indonesia berhasil memasuki urutan 3 besar dunia pada sektor fesyen muslim berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy pada tahun 2018-2019. Data-data tersebut tentunya membuat peluang pasar fesyen muslim di Indonesia semakin besar. Apalagi saat menjelang hari raya seperti Idul Fitri, banyak masyarakat muslim yang berburu pakaian baru untuk menyambut hari raya mereka. Hal tersebut tentunya semakin menambah peluang bisnis pada sektor fesyen muslim di Indonesia.

        Selanjutnya, banyaknya keragaman suku dan budaya di Indonesia membuat permintaan fesyen muslim di Indonesia sangat beragam sesuai dengan gaya dan preferensi yang dimiliki oleh setiap suku dan daerahnya. Sehingga peluang bagi para pengusaha untuk menyajikan beragam model dan desain fesyen muslim sangat besar. Selain itu, pemerintah Indonesia juga sangat mendukung perkembangan industri lokal, termasuk fesyen muslim sendiri. Berbagai kebijakan diterapkan oleh pemerintah untuk mendukung produk lokal seperti mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri atau P3DN dan pemberian insentif bagi para pelaku usaha untuk membantu pengusaha lokal dalam mengembangkan bisnisnya.

        Saat ini banyak sekali tren fesyen muslim yang terus bermunculan. Mulai dari hijab, gamis, baju koko, mukena, sarung, hingga aksesori penunjang fesyen lainnya. Namun perilaku konsumen yang cepat bosan dengan fesyen populer, berdampak pada umur fesyen menjadi relatif pendek. Hal ini menjadi tantangan bagi para pengusaha dalam industri fesyen untuk lebih fleksibel dan responsif kearah perubahan tren fesyen terutama fesyen muslim. Banyaknya merek fesyen muslim juga menjadi tantangan bagi para pengusaha fesyen muslim karena persaingan pasar yang semakin ketat. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang baik sangat diperlukan agar dapat menyeimbangkan dengan kondisi pasar. Saat ini banyak pengusaha fesyen muslim yang menggaet para influencer untuk melakukan promosi produknya, terutama di platform online seperti media sosial dan e-commerce. Hal tersebut merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan penjualan karena telah banyak merek-merek baru yang terkenal melalui platform tersebut.

          Industri fesyen muslim Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dan menjanjikan. Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan respon positif dari masyarakat, peluang usaha di sektor ini terus berkembang. Meskipun terdapat tantangan seperti perubahan tren dan persaingan pasar yang ketat, pengusaha dapat mengambil langkah-langkah strategis seperti memanfaatkan media sosial dan berkolaborasi dengan para influencer untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kesadaran merek. Melalui inovasi dan adaptasi yang berkelanjutan, industri fesyen muslim Indonesia mempunyai potensi untuk berkembang dan  menjadi pemimpin  pasar global.

        

 

 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun