Mohon tunggu...
Lugas Rumpakaadi
Lugas Rumpakaadi Mohon Tunggu... Penulis - WotaSepur

Like a train which is always on time. Hi, I'm Lugas.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

KA Bandara YIA Mulai Uji Coba Gratis Hari Ini

1 September 2021   10:14 Diperbarui: 1 September 2021   10:29 116 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KA Bandara YIA Mulai Uji Coba Gratis Hari Ini
KA Bandara YIA. (Sumber: Instagram/andra.rf_d6)

Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport resmi memulai uji cobanya dengan penumpang hari ini. Pada uji coba kali ini, penumpang KA Bandara diperbolehkan mencoba secara gratis.

Uji coba gratis ini rencananya akan diberlakukan sampai hari Minggu, 10 September 2021 mendatang. Penumpang atau masyarakat Yogyakarta yang ingin mencoba menggunakan KA Bandara YIA ini dapat melakukan scanning barcode di Stasiun Yogyakarta. Proses scanning barcode dapat dilakukan di pintu selatan Stasiun Yogyakarta.

Pada hari Jumat, 27 Agustus 2021 lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Perhubungan, dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan soft launching KA Bandara ini. Setelah dilakukan soft launching, KA Bandara YIA melakukan uji coba tanpa penumpang atau belum melayani masyarakat umum hingga Selasa, 31 Agustus 2021.

KA Bandara YIA menempuh delapan kali perjalanan masing-masing empat perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan dari Bandara YIA selama uji coba. KA Bandara ini dijadwalkan berangkat dari Stasiun Yogyakarta pada pukul 05.00, 07.20, 10.55, dan 14.02 WIB. Sementara untuk perjalanan dari Bandara YIA dijadwalkan pada pukul 06.11, 09.25, 11.57, dan 16.49 WIB.

Stasiun pemberhentian KA Bandara ini hanya satu yaitu di Stasiun Wates, yang rencananya juga akan difungsikan sebagai hub bagi penumpang dari Kutoarjo. Penumpang dari Kutoarjo bisa memanfaatkan layanan KA Prambanan Ekspres dan berhenti di Stasiun Wates untuk kemudian melanjutkan perjalanannya ke bandara dengan KA Bandara YIA.

Waktu tempuh dari Stasiun Yogyakarta hingga Bandara YIA relatif singkat hanya 39 menit. Adapun untuk kecepatan maksimalnya mencapai 100 km/jam. Waktu tempuh KA Bandara ini jauh lebih singkat dibandingkan dengan moda transportasi lainnya yang mencapai 90 menit.

Kereta Api Indonesia sebagai operator KA Bandara ini telah menyiapkan enam rangkaian kereta (trainset) dengan kapasitas total 200-260 penumpang. Namun, karena adanya pembatasan penumpang, kapasitas maksimalnya dibatasi hanya 50% saja. Pembatasan ini juga berlaku untuk uji coba gratis yang dimulai pada hari ini.

Setelah masa uji coba gratis selesai, KA Bandara YIA akan juga akan memberlakukan tarif bagi penumpang yang akan bepergian menuju Bandara YIA maupun ke Yogyakarta. KAI akan memberlakukan tarif promo pada tahap awal sebesar Rp20.000,00 per penumpang untuk satu kali perjalanan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan