Mohon tunggu...
Ludiro Madu
Ludiro Madu Mohon Tunggu... Dosen

Mengajar di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN 'Veteran' Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Chelsea FC Berpeluang Besar Petik 3 Poin Dari Leeds United

12 Maret 2021   12:40 Diperbarui: 12 Maret 2021   15:51 266 41 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Chelsea FC Berpeluang Besar Petik 3 Poin Dari Leeds United
beritasatu.com

Chelsea FC diprediksi bakal menang mudah melawan Leeds United pada laga di minggu ke-30 Liga Premier Inggris besok malam (13/3). Dengan kemenangan dari Leeds, Chelsea bakal melompat  ke peringkat ketiga. Tim Biru pun dapat menjaga asa tampil di Liga Champions di musim depan.

Sejak dikomandani Thomas Tuchel, Chelsea memang tampil konsiten. Tak sekalipun mengecap kekalahan di semua kompetesi, baik Piala FA, Liga Premier, dan Liga Champions. Pada laga terakhir, Chelsea memantapkan tempatnya di posisi ke-4 setelah mengalahkan Everton (9/3/21) dalam lanjutan Liga Inggris.

Tak pelak, puja-puji dilontarkan kepada Tuchel, sang pelatih. Tuchel berhasil mengeluarkan Chelsea dari lubang jarum. Chelsea yang pernah berada pada posisi yang serupa dengan Liverpool seperti saat ini bisa berhasil keluar dari situasi sulit. Efek Tuchel menjadi salah satu faktor yang telah mengembalikan Chelsea ke jalur yang lebih benar.

Melawan Leeds besok malam, beberapa catatan di bawah ini memang menggiurkan bagi Chelsea untuk menang. Sepanjang 5 laga terakhir di Liga Premier, Leeds mengalami kekalahan 5 kali dan hanya menang 1 kali ketika melawan Southampton.

Catatan itu berbanding terbalik dengan Chelsea yang menang 4 kali dan 1 kali imbang melawan Manchester United. Dominasi Chelsea terhadap Leeds juga tampak di tanding head to head yang dimenangkan Chelsea dalam 5 laga terakhir di Liga Inggris.

Waspada

Meski begitu, Leeds tetap perlu diwaspadai. Bola itu jelas-jelas bundar, yang menang harus mencetak gol ke gawang lawan, tanpa dianulir VAR. Leeds menjadi salah satu tim yang harus diperhatikan Chelsea.  

Walau menderita 4 kekalahan beruntun dalam 5 laga terakhir, sejak pelatih asal Argentina, Marcelo Bielsa, pindah ke Leeds United, skuad ini mempunyai permainan lebih agresif. Bukti paling nyata dari kehadiran Bielsa adalah tren positif permainan Patrick Bamford.

Striker Los Blancos ini telah menemukan kepercayaan dirinya. Bamford melesakkan gol pembuka ke gawang The Saints Southampton di minggu ke-25 lalu. Semua ini membuat Bamford perlu dijaga ketat oleh barisan pertahanan Chelsea.

Efek Tuchel

Konsistensi permainan the Blues menunjukkan berhasilnya Tuchel menanamkan rasa percaya diri kepada Azpilicueta dkk. Kemenangan terakhir lawan Everton menjadi modal besar bagi Chelsea melawan Leeds.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN