Mohon tunggu...
Luana Yunaneva
Luana Yunaneva Mohon Tunggu... Jurnalis - Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist

Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist. email: Luanayunaneva@gmail.com ... youtube: Luana Yunaneva ... personal blog: www.jurnaluana.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

7 Tips Lancar Jadi Moderator Webinar

15 Juli 2022   14:17 Diperbarui: 15 Juli 2022   14:21 56 6 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi saat penulis memandu webinar maupun melakukan hipnoterapi secara online (foto: Luana Yunaneva & Serenity Hypnotherapy Service)

Pagi ini saya diingatkan kembali oleh masa lalu. Dalam lamunan, masih teringat jelas, bagaimana beberapa tahun yang lalu saya harus bekerja setiap hari dari rumah ke kantor untuk taping program berita ataupun melakukan tugas peliputan di lapangan. Pun kenangan ketika akan memandu suatu acara, saya harus datang beberapa jam sebelumnya ke lokasi untuk mempersiapkan segala keperluannya, berkoordinasi dengan event organizer (EO), berkenalan dengan narasumber, dan sebagainya.

Pengalaman bekerja sebelumnya di Kompas TV Biro Kediri (dokpri)
Pengalaman bekerja sebelumnya di Kompas TV Biro Kediri (dokpri)

Kondisi tersebut sangat berbeda dengan sekarang. Sejak menekuni praktik hipnoterapi yang saya kelola secara pribadi sejak tahun 2019, kini saya tidak hanya melakukan praktik secara offline, tetapi juga online. Kecanggihan teknologi tidak hanya memungkinkan saya membuka layanan hipnoterapi jarak jauh, tetapi juga memandu acara secara online.

Dokumentasi saat penulis memandu Webinar Literasi Digital Jawa Timur (dokpri)
Dokumentasi saat penulis memandu Webinar Literasi Digital Jawa Timur (dokpri)

Tentu saja, kemudahan bekerja dari rumah memberi kesan tersendiri bagi saya. Tanpa harus meninggalkan tempat kediaman, saya sudah dapat bekerja dan berkarya sesuai dengan passion yang saya miliki. Saya pun bersyukur, saat ada klien yang mempercayakan peran moderator kepada saya. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), salah satunya, memberikan saya kesempatan untuk menjadi moderator dalam Webinar Literasi Digital 2021 untuk wilayah Jawa Timur 2.

Foto bersama narasumber dan peserta Webinar Literasi Digital Sidoarjo, Jawa Timur 2021 (dokpri)
Foto bersama narasumber dan peserta Webinar Literasi Digital Sidoarjo, Jawa Timur 2021 (dokpri)

Sistem bekerja jarak jauh bukan berarti memberikan kualitas yang berbeda jauh dengan jarak dekat. Sama sekali tidak. Profesionalitas tetap saya jaga  semaksimal mungkin. Ada tujuh hal yang lakukan agar dapat memandu webinar dengan baik:

  • Berkoordinasi dengan EO terkait webinar tersebut, di antaranya hari, tanggal,  danjam pelaksanaan.
  • Memahami rundown yang harus dijalankan.
  • Mencetak rundown, tata tertib yang berlaku, dan materi-materi yang akan dibawakan selama acara. Kemudian menjadikannya sebagai cue card.
  • Menyiapkan pakaian yang rapi dan sopan, sesuai ketentuan yang berlaku. 
  • Makan, minum, dan istirahat cukup, agar penampilan maksimal pada hari H.
  • Menyiapkan satu botol air minum di dekat meja laptop pada hari H. 
  • Memastikan jaringan internet lancar. Meski posisinya di paling akhir, justru ini yang paling penting. Tanpa jaringan yang bagus, tentu persiapan di atas menjadi tak ada artinya. Salah satu jaringan terbaik di Tanah Air yang bisa saya pilih adalah Indihome.

Persiapan yang baik menentukan prestasi kita saat berkarya sebagai moderator webinar. Kalau kamu, punya tips apa lagi kalo harus bekerja di depan layar seharian gini?

Kediri, 13 Juli 2022

Luana Yunaneva

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan