Mohon tunggu...
Tri Lokon
Tri Lokon Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Suka fotografi, traveling, sastra, kuliner, dan menulis wisata di samping giat di yayasan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Menikmati "Sunset" di Puncak Tetetana Tomohon

11 Agustus 2019   19:15 Diperbarui: 12 Agustus 2019   20:49 0 12 6 Mohon Tunggu...
Menikmati "Sunset" di Puncak Tetetana Tomohon
Puncak Tetetana Tomohon (Dokpri)

Puncak Tetetana saat ini bisa dijadikan salah satu titik tepat untuk berburu matahari terbit dan matahari terbenam. Tak hanya itu, banyak wisatawan tertarik naik ke puncak Tetetana karena pemandangan dari puncak ini sangat indah.

"Mengarah ke Timur, saya bisa melihat perkasanya Gunung Klabat (1.995 mdpl), gunung tertinggi di Sulawesi Utara. Di belakang Gunung Klabat, puncak Gunung Dua Saudara (dua gunung kembar) tampak menyembul cantik saat diselimuti awan persis di kedua puncaknya," ungkap Jhony Rumentor, salah satu petugas pengelola Puncak Tetetana.

Gasebo Warung (Dokpri)
Gasebo Warung (Dokpri)
"Di bawah kaki Gunung Dua Saudara, tampak kota Bitung dengan pelabuhan petikemas dan penumpang. Oh ya sebelahnya pulau Lembeh, lokasi wisata snokerling yang disukai wisatawan mancanegara ...

... Kalau di sebelah Barat, bisa dilihat Gunung Manado Tua, yang di bawahnya Taman Nasional Bunaken dan kota Manado juga terlihat. Kalau malam kelap-kelip lampu kota terlihat cantik," lanjut Jhony sambil menawarkan kopi hitam dan pisang goreng sepatu (kadang pisang goroho) yang disajikan dengan sambal rowa.

Gunung Klabat (Dokpri)
Gunung Klabat (Dokpri)

Area Puncak Tetetana Luas (Dokpri)
Area Puncak Tetetana Luas (Dokpri)
Sore itu (10/8/2019) saya mengantar para tamu (kebetulan beberapa saya kenal) dari Jakarta, Purwokerto, Surabaya, Manado, Sintang yang baru saja ada pertemuan di Panti Samadi, Tomohon ke Puncak Tetetana.

Puncak Tetetana berlokasi di Desa Kumelembuai, desa agrowisata yang sejuk di Tomohon Timur. Desa ini berdekatan dengan Desa Rurukan, sentra penghasil sayuran seperti kol, wortel, tomat, labu jipang, cabai dan sayuran hijau lainnya.

"Untuk menuju ke puncak Tetetana, tidak sulit. Dari pusat kota Tomohon, sekitar 8 Km, arahkan mobil ke Pasar Ekstrem Tomohon lalu menuju ke Rurukan. Ikuti petunjuk jalan yang berada di pertengahan Desa Rurukan. Dari situ menuju ke Desa Kumelembuai dan ikuti papan nama bertuliskan Puncak Tetetana yang berdampingan dengan papan nama Air Terjun Ranowawa. Jalan sudah beraspal jadi tidak kesulitan," pesan Jhony menjelaskan lokasi Puncak Tetetana.

Sedia Kopi, Mie Cakalang dan Pisang Goreng (Dokpri)
Sedia Kopi, Mie Cakalang dan Pisang Goreng (Dokpri)

Duduk di Warung (Dokpri)
Duduk di Warung (Dokpri)

Setelah melewati Rurukan dan Desa Kumelembuai, rombongan berhenti sejenak di pintu masuk. Seorang petugas menekati pintu mobil dan menanyakan berapa jumlah orang dalam rombongan. Jumlah orang akan dikalikan Rp 10.000 per orang, sebagai tiket masuk ke lokasi wisata Puncak Tetetana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2