Mohon tunggu...
LKarnendi
LKarnendi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berbagi cerita dan kisah tentang kegiatan sosial, budaya, pendidikan, dan pengabdian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN Tematik UPI 2021: Pendampingan Siswa Laksanakan Pembelajaran Daring melalui Microblogging

24 Juli 2021   23:23 Diperbarui: 24 Juli 2021   23:24 73 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Pendampingan Siswa Laksanakan Pembelajaran Daring melalui Microblogging
kolase -- ilustrasi pribadi

Di tengah kondisi yang masih banyaknya penularan infeksi virus COVID-19 kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pun masih harus terus dilakukan. Siswa harus melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hingga proses belajar mengajar di awal semester ganjil yang dilakukan dengan metode dalam jaringan (daring). Bukan tanpa halangan, metode belajar daring ini pun rupanya menyisakan banyak kegelisahan di masyarakat termasuk kejenuhan yang di alami dari siswa itu sendiri.

Secara tidak langsung pandemi Covid-19 menimbulkan dampak tersendiri khususnya pembelajaran. Tidak hanya terkait metode belajar yang secara daring, tapi juga terkait psikologis siswa. Di perpanjangnya kebijakan masa belajar di rumah akibat pandemi sekarang ini memiliki efek beruntun bagi siswa . Tidak hanya proses pembelajaran yang terkendala seperti sinyal tidak stabil karena dilakukan secara daring, tapi siswa besar kemungkinan juga siswa diserang rasa bosan. Mereka mengaku rindu suasana sekolah dan bertemu dengan guru, atau bercanda dan saling menyapa dengan teman sebayanya.

Melihat kondisi yang semakin dipandang buruk demikian, tentu mahasiswa memiliki andil di dalamnya untuk mengubah pandangan yang kurang baik, menjadi alternatif solusi yang dapat diimplementasikan dengan baik selama kegiatan pembelajaran daring. Hal ini pun ditekankan oleh Kemendikbud Nadiem Makarim bahwa mahasiswa harus bergerak untuk mengubah pandangan, dari korban pandemi covid-19 menjadi penggerak perubahan. Sehingga, mahasiswa mampu berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial. Misalnya, mengajar di sekolah dan membantu pelaku UMKM untuk go digital.

Berdasarkan penjelasan diatas, kampus Universitas Pendidikan Indonesia pun menyelenggarakan program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan salah satu programnya yaitu pendampingan siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring. Saya sebagai peserta KKN Tematik UPI 2021 pun turut serta yang wajib melaksanakan program kegiatan tersebut. Kegiatan pendampingan yang saya laksanakan yaitu berupa edukasi pada siswa dengan mengangkat beberapa pembahasan, yakni :

  • Tips menciptakan suasana belajar online yang menyenangkan
  • Skills yang harus dikembangkan saat pembelajaran daring
  • Konsentrasi belajar online tetap full, Lakukan car aini !

Pembahasan tersebut merupakan upaya saya dalam memberikan edukasi pada siswa berkaitan dengan kesulitan-kesulitan saat pelaksanaan belajar daring. Pembahasan tersebut saya kemas dengan menggunakan desain konten Microblogging. Microblogging sendiri yaitu pembuatan pesan atau post singkat di web atau platform media sosial. Konten pendek yang dibuat untuk microblogging bertujuan untuk memberikan informasi singkat dan padat pada orang lain. Microblog yang telah dibuat kemudian di-post kepada audiens di media sosial untuk memperoleh interaksi berupa like, komentar, atau share.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x