Mohon tunggu...
Livia Halim
Livia Halim Mohon Tunggu... Surrealist

Surrealism Fiction | Nominator Kompasiana Awards 2016 Kategori Best in Fiction | Sarjana Hukum | sedang menempuh pendidikan S2 seni murni (Master of Arts - Fine Art) di Curtin University, Perth, Australia | e-mail: surrealiv@gmail.com | LINE: loonylivi | Personal Instagram: livilivilivilivilivi | Art Instagram: surrealiv

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

101 Tips Menggarap Cerita Pendek

20 Mei 2020   09:09 Diperbarui: 20 Mei 2020   16:42 645 43 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
101 Tips Menggarap Cerita Pendek
Gambar oleh Fathromi Ramdlon dari Pixabay

Hai, Kompasianer!

Apa kabar? Semoga sehat selalu!

Kali ini saya akan membahas beberapa unsur intrinsik dalam cerpen, yaitu tokoh dan penokohan, sudut pandang, latar, alur serta konflik. Namun ketimbang untuk membantu Kompasianer mengenali unsur-unsur ini dalam cerpen-cerpen orang lain, artikel ini lebih ditujukan untuk membantu Kompasianer menggarap cerpen sendiri. 

Karenanya, saya juga telah menuliskan tips-tips yang dapat diaplikasikan untuk mempermudah maupun memberikan variasi dalam proses penulisan cerpen.

Jadi, jika Kompasianer ingin mulai menulis cerpen, Kompasianer berada di artikel yang tepat. Artikel ini juga ditujukan untuk adik-adik yang sedang belajar cara menulis cerpen dan mengenal unsur-unsur intrinsiknya di sekolah!

Selamat membaca!

1. Tokoh 

Ada beberapa tips yang perlu diingat ketika menciptakan tokoh-tokoh dalam cerpen:

a. Jangan Terpaku Membuat atau Mencari Nama Tokoh

Jika Kompasianer berhasil langsung membuat nama tokoh tanpa perlu banyak berpikir, maka kegiatan mencari nama tokoh ini tidak akan menganggu proses pembuatan cerpen.

Namun, terkadang, pencarian nama ini berlarut-larut dan menghambat proses penulisan karya. Hal ini memang sederhana, namun cukup menyebalkan (terlebih jika Kompasianer sedang memiliki banyak ide plot cerita dan ingin segera menuangkannya dalam cerpen). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
VIDEO PILIHAN