Mohon tunggu...
Klub Literasi SMANBA
Klub Literasi SMANBA Mohon Tunggu... Komunitas siswa peduli literasi

Bersama Klub Literasi SMANBA "Mari bergerak serempak dan berdampak bersama kita."

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sarasehan bersama Kak Shidqi

28 Februari 2020   15:49 Diperbarui: 28 Februari 2020   15:50 22 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sarasehan bersama Kak Shidqi
Foto: Kak Shidqi sedang berbagi cerita pengalamannya dari semasa di bangku SMA hingga aktivitas yang kini dijalaninya. | Dokpri

Pada Selasa, 18 Februari 2020 lalu, Kami kedatangan salah satu alumni hebat SMANBA lagi  yaitu Kak Shidqi ditengah aktivitas padatnya sebagai Mahasiswa Pascasarjana Psikologi di Universitas Gajah Mada dan Wirausahawan.

Kak Shidqi Irbah atau yang biasa dipanggil dengan Shidqi merupakan alumni SMAN 1 Bangil tahun 2013, yang pada saat itu memilih melanjutkan studi sarjananya di Universitas Negeri Malang dengan program studi psikologi.

Dalam penyampaiannya, Kak Shidqi menjelaskan bahwa dirinya sempat menjadi penanggung jawab di kelas inspirasi Malang. Bersama dengan teman-temannya Kak Shidqi turun tangan sebagai relawan untuk menceritakan dan berbagi pengalamannya, serta memberikan motivasi kepada para siswa demi merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka.

Disamping itu, Kak Shidqi menjadikan hobi fotografi dan videografinya dalam bentuk komersil dengan mendirikan histogram production yang kini sudah dipercayai oleh masyarakat sebagai instansi yang mendokumentasikan berbagai acara, salah satunya adalah wedding.

Sekarang, Kak Shidqi sedang mejalani program pascasarjana di Universitas Gajah Mada tetap aktif dan dipercayai oleh salah satu dosen untuk menjadi Asisten Dosen (ASDOS), Asisten Staf UPTB. Selang waktu sibuknya, Kak Shidqi tetap aktif dalam kegiatan diluar kuliahnya. berbagai organisasi diikutinya, terutama organisasi berbau sosial.

Di pendidikan S2, Kak Shidqi pernah mendapatkan tugas bersama dengan rekan-rekannya untuk menelusuri 8 kecamatan yang berada di suatu daerah untuk mencari kebenaran tentang daerah terbesar angka bunuh dirinya. Pada saat itu, Kak Shidqi sempat mewawancarai kurang lebih 5 orang yang hampir saja bunuh diri. Namun, yang ada aksi bunuh diri tersebut gagal. Kak Shidqi mengupas semua permasalahan dan penyebab atas aksi mengakhiri hidup tersebut. "Banyak dari mereka melakukan bunuh diri karena masalah keluarga, terutama perekonomian," ujar Kak Shidqi pada pertemuan waktu itu.

Pada kesempatan emas waktu itu, Kak Shidqi mengajak sharing dengan kita untuk sedikit menceritakan pengalaman dari saksi yang pernah diwawancarainya tersebut. Terdapat berbagai macam konflik dan masalah diantaranya: konflik keluarga, masalah ekonomi,masalah kehidupan.

Kak Shidqi pun memberikan tips dan solusi untuk kita agar tidak ceroboh mencari solusi dengan segera mengakhiri hidup.

Kak Shidqi juga menyarankan kita, untuk berbagi cerita dengan teman yang kita percaya, bertujuan agar segala rasa sesak dalam hati meluap dengan cerita. Jika kalian susah untuk bercerita, kalian bisa melampiaskan segala emosi kalian pada hobi kalian, seperti menggambar, menulis, atau membaca.

Selain mendirikan Histogram Production, Kak Shidqi juga menjadi co-founder dari Haipy.id. Haipy.com merupakan sebuah aplikasi untuk berkonsultasi bersama para ahli psikolog secara online. Dimana kita bisa berkonsultasi secara privat dengan para ahli psikolog yang dapat memberikan saran-saran kepada kita semua. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa langsung cek instagram nya, @haipy.id .

Di akhir acara, kami saling sharing pengalaman mengenai berbagai hal. Tak luput juga saran-sarang yang diberikan Kak Shidqi pada kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x