Mohon tunggu...
Ayu Safitri
Ayu Safitri Mohon Tunggu... Konsultan - Trainer dan Konsultan Homeschooling

Penulis dan Trainer untuk http://pelatihanhomeschooling.com/ Ikuti saya di Instagram https://www.instagram.com/missayusafitri/ Ikuti saya di Facebook https://www.facebook.com/missayusafitri Tonton dan subscribe VLOG saya http://bit.ly/apaituhomeschooling

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mandalika: Serpihan Surga Penuh Pesona Alam, Budaya dan Legenda

18 November 2021   22:16 Diperbarui: 18 November 2021   22:26 85 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber: regional.kompas.com

Mandalika memang penuh kutukan! Terkutuk indah dan memukau tiap mata yang sempat datang untuk memandang. Serpihan surga yang berada di bagian selatan Lombok Tengah, NTB ini memiliki legenda unik yang akhirnya melahirkan budaya yang masih dilestarikan masyarakatnya hingga sekarang.

Dialah Putri Mandalika dari suku Sasak yang dikenal luas hingga luar Lombok karena keelokan rupanya. Mendapat pinangan dari beberapa kerajaan sekaligus, membuat Putri Mandalika memilih untuk menenangkan diri. Di Bukit Seger, sang putri mengumpulkan para pelamar yang berniat menjadikannya istri.

Bukannya menikahi salah seorang diantaranya, Putri Mandalika memilih terjun ke Pantai Seger hingga menghilang tanpa jejak. Tak ditemukan jasadnya, Pantai Seger justru dipenuhi cacing laut berwarna-warni. Hingga akhirnya, lahirlah festival Bau Nyale yang merupakan ritual mencari cacing laut yang dianggap masyarakat setempat sebagai jelmaan sang putri.

Budaya yang diselenggarakan tiap tahun antara bulan Februari dan Maret ini mengundang antusiasme masyarakat setempat maupun wisatawan lokal dan asing. Lengkaplah sudah! Destinasi wisata yang pada 2014 telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus ini, tak hanya menjanjikan relaksasi dari alam tapi juga menyajikan nuansa edukasi budaya.

Aset Alam Indonesia yang Memukau

Saat berkunjung ke Pantai Seger yang membuat mata kian segar tiap kali menikmatinya, para wisatawan bisa trekking ke atas bukit untuk melihat lukisan nyata Tuhan yang memukau ini. Jangan berhenti hanya dengan memandanginya saja! Saat main ke Pantai Seger, Anda juga bisa berselancar karena pantai yang menghadap Samudera Hindia ini memiliki ombak yang cukup besar.

Jalan-jalan di Indonesia Aja, khususnya Mandalika juga akan memanjakan pengunjung dengan sejumlah aset alam lainnya seperti Kuta Mandalika. Pantai yang tak pernah luput dikunjungi para wisatawan tiap kali main ke Lombok ini, kini telah memiliki infrastruktur liburan yang top. Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut, melihat langsung biota laut yang beragam dan terumbu karang yang masih terjaga melalui snorkeling.

sumber: id.lombokindonesia.org
sumber: id.lombokindonesia.org

Setelah berwisata sembari berolahraga, tutup sore hari Anda dengan duduk di bibir pantai yang eksotis untuk melihat surga tersembunyi lainnya, yakni momen sunset. Jika sudah seperti ini, nikmat manalagi yang Anda dustakan?

Di Lombok Utara ada Gunung Rinjani yang merupakan surganya para pendaki. Gunung setinggi 3.726 mdpl yang pernah menjadi latar film Romeo+Rinjani pada 2015 lalu ini, menawarkan puncak keindahan yang tak tertandingi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan