Mohon tunggu...
Lingua ayzaara
Lingua ayzaara Mohon Tunggu... Editor - AYU PURNAMASARI - An Educator

Menyukai bidang bahas Inggris, pendidikan, translator, dan content creator.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

5 Cara untuk Mengingat Apa yang Kita Baca

21 Agustus 2021   08:43 Diperbarui: 21 Agustus 2021   08:55 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membaca adalah sebuah keharusan bagi kita semua, terutama bagi para pelajar. Kita bisa lihat kembali waktu dulu kita mulai masuk dalam dunia sekolah. Hal pertama yang diajarkan oleh para guru kita dulu kepada murid-muridnya adalah belajar membaca. Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa "membaca adalah sama dengan kita membuka jendela dunia". Tetapi sayangnya dalam catatan dunia, Indonesia adalah negara dengan urutan tingkat membaca terendah sebelum Thailand. Hal ini tentu sangat memprihatinkan, apalagi kita tahu bahwa dengan membaca, kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang relefan atau jelas sumbernya, mendapatkan berbagai pengetahuan dan tentunya menambah wawasan dengan ilmu-ilmu baru sehingga kita mampu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang tengah berkembang di dunia. Tak hanya itu, dengan membaca sama artinya kita membantu negara agar menabung sumber daya manusia yang unggul dimasa yang akan datang.

Tetapi sayangnya banyak anak muda yang lebih tertarik membaca informasi diranah media sosial, dimana tulisan itu belum jelas darimana sumbernya dan siapa penulisnya. Akhirnya mereka terjebak dalam lingkaran hoax yang hanya menimbulkan perpecahan suatu bangsa. Bagaimana sebuah bangsa bisa maju jika pemikiran generasi mudanya masih bisa termakan hoax. Berdo'a saja semoga kita bisa lebih open-minded dalam membaca dan tentunya mencari tahu terlebih daluhu kebenarannya seperti apa.

Kembali ke topik utama yaitu membaca. Sebagai seorang pelajar pasti kita dituntut untuk memmbaca sebuah topik pelajaran baik saat di kelas ataupun dirumah saat kita mendapatkan sebuah tugas dari guru. Tapi kenyataannya, saat kita sudah lulus sekolah sewaktu ditanya materi apa yang kita dapatkan di sekolah dulu kita banyak yang titak bisa menjawab bukan? Lalu beralasan kalau kita sudah lupa dan menambahkan "itu kan materi lama, ya mana aku ingat". Itu tandanya kita sadar bahwa sebenarnya dulu kita tidak benar-benar mengingat dan memahami informasi tentang apa yang kita baca, tetapi hanya sebatas membaca untuk sekedar menghilangkan kewajiban disekolah atau sewaktu mendapatkan tugas. Benar bukan?Padahal dengan tau cara membaca yang benar dan mampu mengingatnya kita bisa mengetahui banyak pengetahuan dan informasi yang luas dan membuat pemikiran kita berkembang.

Mempertahankan isi atau topik yang dibaca memang cukup sulit, tapi menumbuhkan kemauan membaca saya rasa jauh lebih sulit. Tetapi tenang, disini saya akan berbagi tips kepada teman-teman semua yang sudah berusaha untuk menumbuhkan kemauan untuk membaca agar bisa memahami dan mengingat isi atau topik yang teman-teman baca dan informasi itu tidak hilang begitu saja dari ingatan teman-teman karena saya tahu teman-teman semua sudah bersusah payah untuk meluangkan waktu untuk membaca, terutama tulisan saya ini. Baik disini saya akan memberikan 5 tips atau cara agar kita mudah mngingat apa yang kita baca :

  1. Pre-reading

Pre-reading adalah proses dimana teman-teman membaca poin-poin penting atau setiap chapter yang ada didalam sebuah buku. Sehingga kita memiliki gambaran tentang topik apa yang ada di buku.

  1. Highlighting 

Highlighting adalah sebua cara menandai poin penting yang ada didalam buku bacaan, sehingga kita dapat mengingatnya dengan mudah.

  1. Take note

Take note adalah mencatat poin-poin penting yang ada disetiap chapter yang kita baca. Jadi saat kita mulai membaca dan kita menemukan sebuah informasi penting kita bisa mencatatnya. Jadi menulis take note ini bukan saat kita sudah selesai membaca semua buku.

  1. Summarize 

Summarize adalah kita membuat kesimpulan dari apa yang kita baca. Kesimpulan ini bisa kita ambil dalam take note yang sudah kita buat diawal, sehingga memudahkan kita dalam mempuat kesimpulan dari buku yang kita baca.

  1. Spend your space time

Spend your space time ini dapat kita artikan, setelah selesai membaca dan membuat kesimpulan dari buku yang kita baca. Sebaiknya kita melakukan refrain dengan cara jalan-jalan santai, gym, atau sekedar minum kopi atau teh. Atau bisa juga kita mencari informasi yang masih relate dengan topik yang kita baca tadi. Jangan membaca topik lain yang kontras dengan topik yang kita baca tadi karena akan membuat kita fokus kita terbagi dan informasi yang kita dapat dibuku bacaan pertama akan mudah untuk dilupakan karena tergeser dengan materi baru. Biarkan otak kita mencerna materi pertama lalu di lain hari kita bisa membaca topic yang lain dan ulangi hal ini setiap harinya saat kita ingin membaca dan mengingat topic atau isi informasi dari buku yang kita baca.

Itulah 5 tips atau cara agar kita mudah mengingat informasi dari buku yang kita baca, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan tentunya jangan lupa untuk terus membaca ilmu pengetahuan, ingat karena membaca adalah jendela ilmu. Tak hanya itu, saat kita membaca dan mampu memahami informasi pengetahuan sama hal nya kita sudah ber-investasi mahal bagi diri kita sendiri di masa depan. Terimakasih sudah membaca tulisan ini. J

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun