lyurs
lyurs NGODING

Bisa karena biasa. Maka hati-hati dalam memilih kebiasaan.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Saham? Ribet

6 Januari 2019   11:51 Diperbarui: 6 Januari 2019   12:38 2438 1 1

Selamat Pagi !

Sudah lama tidak menulis. Sebenarnya saya belum punya kesimpulan yang jelas untuk tulisan kali ini. Tapi saya rasa nanti bakal nemu sendiri ditengah jalan sambil bercerita:D Tapi yang saya akui saat ini memang betul seperti yang ada pada kolom Judul. Saham itu Ribet. Jadi saya mulai sering mendengar kata saham itu dari bapak saya. Beliau merupakan trader sejati. 

Bagaimana tidak? dia bisa menjadi seornag trader(investor saham) sekaligus mentoring bersamaan. Bapak mulai berkecimpung di saham sejak 2 tahun lalu dan betul, tidak selamanya mulus. Bapak banyak belajar dari pengalamannya bermain sendiri sampai dengan masuk ke program mentoring saham orang lain sebagai murid saham. Namun hasilnya? Ya, tidka semaksimal yang dia inginkan. 

Namun seiring berjalannya wakti bapak belajar banyak hal. Bahwa sebenarnya betul, percuma kalau kita ikut bimbingan les diluar hanya karena kita malas belajar sendiri di rumah. haha. jadi, bapak memang masih mengikuti mentoring saham selama beberapa bulan untuk bertanya banyak hal. karena memang agak monoton dan kebingungan jika kita belajar saham dari awal tanpa mentor. 

Mengapa? karena saham itu ternyata memang banyak istilah dan hal-hal baru yang harus dipelajari. saham juga sangat jarang ada dikeseharian bapak sebelumnya. jadi memang benar-benar buta. Jadi setelah bapak tau apa sih sebenarnya hal penting yang harus diketahui pada trading saham, bapak pun berhenti dari program mentoringnya dari orang lain. akhirnya dia memaksakan dirina untuk menemukan strategi yang baik dari ilmu yang dia dapat sehingga diapun bisa menjadi mentor saham sekarang.

Nah, karena merasa tertarik saya pun ikut memberikan waktu dan perhatian saya pada saham. 

Menariknya materi saham bisa saya dapatkan secara gratis dari Bapak haha. dan disini saya mau share untuk pembaca yang sangat awam sekali yang pasti melontarkan pertanyaan 'sebenarnya apa sih itu saham? bagaimana cara transaksi saham? siapa saja yang bisa transaksi saham? saham mahal kan? kenapa sih banyak yang rugi saham sampai bangkrut? dan apakah saham itu haram?'

Jadi dari apa yang sudah saya baca dan saya dengar, saham itu merupakan instrumen yang diperjualbelikan di pasar modal negara kita. Nah, disini pasti ada yang belum tau apa sih itu pasar modal? pasar modal juga sama dengan pasar yang sering kita kunjungi, bedanya dari instrumen yang meliputinya. 

Maksudnya, pada pasar biasa yang dijual adalah ikan, sayur, tahu tempe, dsb. sedangkan pada pasar modal secara umum yang dijual adalah obligasi dan saham. kalau di pasar biasa yang menjadi pedagang adalah orang yang membeli barang yang tidak diproduksi sendiri dan menjualkan kembali untuk mendapatkan keuntungan. namun di saham, yang menjadi pedagang nya adalah perusahaan-perusahaan terbuka.

lalu pasti sekarang ada yang bingung, kenapa harus ada saham? jadi ini menjawab juga apa gunanya pasar modal dan sekaligus menjawab mengapa investasi saham menjadi tidak haram.  saham merupakan surat perjanjian kepemilikan suatu perusahaan (tidak 100% sesuai dengan surat keterangan yang berlaku) yang diperjualbelikan dari suatu perusahaan kepada masyarakat untuk dapat dimiliki bersama dengan cara transaksi. 

Suatu perusahaan yang membuka dirinya bergabung dalam saham berarti membutuhkan dana dari masayarakat untuk perkembangan perusahaannya. jadi jika teman-teman ingin memiliki surat kepemilikan perusahaan tersebut bisa di beli di pasar modal. dalam saham juga ada satuan belinya yaitu 'lot'. jadi pasar modal sangat membantu negara dalam APBN. itulah mengapa saham menjadi tidak haram

Bentuk konkretnya yaitu Fatwa Nomor 80/DSN-MUI/III/2011 oleh DSN-MUI tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek Indonesia.  

Jadi, untuk bagan struktur secara umum bisa dijelaskan begini. OJK merupakan polisinya, pasar modal merupakan mall nya. dan bisasanya di dalam mall ada toko-toko yang mengisinya itulah sekuritas. jadi menjawab pertanyaan siapa saja yang bisa bergabung sham, jawabannya semua masyarakat yang memiliki KTP haha. 

Cara nya adalah dengan mendaftarkan akun di sekuritas( bni sekuritas, mandiri sekuritas, dsb.) untuk biaya setau saya minimal dana pertama adalah satu jutaan. namun ada juga yang seharga 100rb-an (indo primier). nah setelah mendaftar teman-teman akan diberikan username dan password untuk dapat mengakses sistem online yang dimilki sekuritas masing-masing. nah di dalam nya teman-teman akan melihat banyak grafik-grafik bertebaran haha.

sedangkan mengapa bisa rugi/bangkrut? ini lah letak mengapa saham menjadi rumit . kenapa? karen akita memang harus dituntut mampu belajar menganalisa. ini sama halnya dengan seseorang yang ingin mengendarai pesawat. jika orang tsb. mengendarai pesawat tanpa belajar terlebih dahulu, kemungkinannya da 2, yitu ; 1. pesawatnya tidak dapat terbang, 2. pesawatnya terbang tapi akan jatuh. 

sedangkan jika orang tsb. sudah belajar dan mahir lalu mengendarai pesawat maka ia akan smapai kemanapun. begitu juga pad dunia trading saham. Jadi, invest ilmu dulu baru invest uang teman-teman. englishnya ; Invest your knowladge before invest your money:) 

nah pertanyaannya apa yang harus dipelajari? jadi kita perlu 3 hal penting sebelum melakukan trading saham. apa saja? ini dia:

1. Money Management
Apa gunanya? Hal ini akan membantu anda untuk dapat memanagement dana yang anda miliki sebelum melangkah membeli dengan tidak teratur. Aturlah money management anda sesuai yang mimin jelaskan di highlight 3 (instagram) tentang Strategi. Hal ini bisa membantu teman-teman dalam sebulan penuh kapan sebenarnya saat yang tepat untuk tetap melakukan transaksi saham atau keep dulu.

2. Trading Plan
Seperti yang mimin sarankan di highlight 4 (instagram) mengapa kita harus belajar grafik/chart. Bahwa trading gak akan luput dari grafik grafik dan grafik. Disini kita bisa menentukan 3 point saja yang harus kita kuasai dari segala macam grafik. Dengan mengerti grafik saham, kita akan dengan mudah pula mengerti apa yang sedang terjadi pada pasar saham. Hal ini akan membantu teman-teman dengan mudah menentukan keputusan apa yang harus di ambil pada kegiatan trading anda.

3. Psikologis
Ini yang juga gak kalah penting. Trader jangan sampai stress karna satu hari ini tidak dapat profit ya gak selamanya kita akan untung terus. sekali rugi jangan langsung stress. itu biasa kok. asalkan nanti profit dari trading berikutnya bisa profit.
gak papa rugi 1 juta yang penting berikutnnya harus bisa profit 2 juta
.