Mohon tunggu...
Lilis RaniNuraeni
Lilis RaniNuraeni Mohon Tunggu... Guru - Guidance and Counseling teacher

Belajar berkarya melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

5 Januari 2023   10:46 Diperbarui: 5 Januari 2023   10:58 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Siswa kelas 12 sekarang sedang dihadapkan dengan kebimbangan dalam menentukan jurusan yang diinginkan nanti. Beberapa mungkin sudah yakin dengan pilihan jurusannya, beberapa juga masih ada yang mengalami kebimbingan. Bimbang itu bisa disebabkan dari berbagai faktor. Misalnya saja, keinginan orang tua tidak sejalan dengan keinginan kita, kendala biaya, jurusan yang diinginkan berada jauh dari tempat tinggal, dan juga bahkan terlalu banyak jurusan yang diinginkan.

Untuk mengurangi kebimbangan dan untuk memantapkan pilihan jurusan. Berikut tips buat kamu yang masih ragu dalam memilih jurusan.

1. CARI TAHU APA MINAT DAN BAKATMU

Yang pertama cari tahu dulu minat dan bakat yang ada pada dirimu. Bisa dilakukan dengan mengikuti tes minat bakat di sekolah atau di lembaga psikotest terpercaya. Apabila kamu terkendala untuk mengikuti psikotes, kamu bisa berikan pertanyaan kepada dirimu sendiri. Pertanyaan yang bisa diajukan adalah :

a. Hobi atau kegiatan apa yang paling kamu sukai?

b. Kegiatan apa yang paling nyaman kamu lakukan sampai lupa waktu?

c. Apa kamu merasa mudah dalam mengerjakan kegiatan itu?

d. Menurut orang lain hasil dari kegiatan tersebut bagus atau tidak?

e. Apa kegiatan tersebut menghasilkan keuntungan bagi kamu?

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut kamu bisa menyimpulkan kegiatan yang paling kamu sukai dan kamu bisa melakukkannya. Kemudian kalian cari informasi kegiatan itu bisa dilaksanakan pada profesi apa, baru deh kalian bisa memilih jurusan kuliah yang dapat meningkatkan hobi atau kegaitan yang kalian suka.

2. CARI TAHU TIPE KEPRIBADIANMU

Tipe kepribadian pun dapat berpengaruh pada pilihan jurusan. Kenapa? Karena jurusan yang kalian pilih akan menghantarkan kalian pada beberapa prospek kerja atau suatu profesi. Profesi itu beragam, ada yang mengharuskan kalian bbanyak berhubungan dengan orang lain atau bahkan ada yang lebih banyak berhubungan dengan perangkat. Misalnya saja, bagi kalian yang kemampuan sosialisasinya kurang kan bisa memilih jurusan-jurusan yang tidak terlalu banyak berhubungan dengan orang lain. Contohnya bisa memilih jurusan design grafis, sastra, teknik dan sebagainya. 

Tipe kerpibadian ini bisa kalian cek dengan MBTI atau RIASEC yang sekarang bisa dilakukan di berbagai web secara gratis.  Nanti hasilnya akan menunjukan kecenderungan tipe keperibadian kalian dan juga saaran profesi yang cocok dengan kepribadian kalian. Dari saran profesi tersebut kalian dapat memilih jurusan yang tepat.

3. LAKUKAN RISET TENTANG JURUSAN YANG DIINGINKAN

Jika kedua hal tersebut sudah dilakukan dan kalian memiliki beberapa alternatif jurusan yang diinginkan. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan mini riset tentang jurusan tersebut. Ini beberapa hal yang harus kalian cari tahu tentang jurusan yang diinginkan.

a. Jurusan yang diinginkan ada di perguruan tinggi mana saja?

Kalian bisa cari informasi mengenai akreditasi jurusan di berbagai PT. dan juga pertimbangkan  jarak PT dengan domisi kalian.

b. Berapa biaya kuliah di jurusan tersebut?

Biaya di setiap perguruan bisa jadi berbeda meskipun jurusannya sama. Dan ini juga sangat penting demi kelancaran kuliah kalian nanti. Kisaran biaya harus sesuai dengan kemampuan kalian. Jangan sampai memilih jurusan hanya karena gengsi.

c. Bagaimana prospek kerja di jurusan tersebut?

Pelajari juga prospek kerja jurusan ini apa saja dan bagaimana kebutuhan lapangan kerja terhadap alumni jurusan yang kalian inginkan.

d. Pelajari kurikulum di jurusan tersebut!

Pelajari kurikulum ini menjadi sangat penting karena terkadang beberapa siswa memilih salah satu jurusan untuk menghindari cabang ilmu tertentu. Dengan mempelajari kurikulum membantu kalian dalam mengukur diri mana yang lebih mampu kalin pelajari.  Dan juga agar tidak kaget ketika perkuliahan di mulai karena kalian sudah mengetahui alur perkuliahannya seperti apa. 

e. Cari tahu pengalaman dari para alumni dari jurusan tersebut!

Pengalaman para alumni ini pun jangan sampai terlewat untuk menambah gambaran kalian tentang perkuliahan dijurusan yang diinginkan. Karena kalian akan mendapatkan informasi langsung dari orang yang mengalaminya sendiri. Kalian bisa bertanya langsung atau dengan mengakses blog atau youtube para alumni yang menceritakan pengalamannya selama kuliah. 

Demikian tip dalam menentukan jurusan. Semoga dapat membantu menurunkan tingkat kebimbangan kalian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun