Mohon tunggu...
Sultani
Sultani Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Senang menulis kreatif berbasis data

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

3 Keunggulan Perguruan Tinggi dalam Mencetak Kelas Menengah Indonesia

3 Maret 2024   21:09 Diperbarui: 3 Maret 2024   22:09 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://fecon.uii.ac.id/

3 Keunggulan Perguruan Tinggi dalam Mencetak Kelas Menengah Indonesia

Oleh: Sultani

Masyarakat kita sekarang memiliki keyakinan bahwa sarjana adalah tiket menuju kehidupan yang lebih baik. Alasan utama yang bisa membenarkan kita menerima keyakinan tersebut adalah karena lulusan perguruan tinggi mempunyai peluang lebih besar untuk mobilitas sosial dan menaiki tangga ekonomi. Semua orang yang bisa melampaui perguruan tinggi akan merasa telah mendapatkan batu loncatan yang besar untuk mengangkat martabat dan derajat sosial mereka.

Sejak merdeka hingga zaman reformasi sekarang, perguruan tinggi masih menjadi jalan yang paling diandalkan masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Keyakinan bahwa perguruan tinggi dapat mengangkat hidup dari kemiskinan telah mendorong cita-cita setiap keluarga di Indonesia untuk menjadikan anak-anak mereka sarjana. Pola pikir masyarakat tentang perguruan tinggi ini disokong oleh fakta bahwa pendidikan tinggi ternyata bisa menjadi aset investasi ekonomi yang sangat berharga untuk masa depan. Inilah yang membuat masyarakat semakin menyadari arti pendidikan, dan memercayai pendidikan sebagai langkah awal kesuksesan hidup anak-anak.

Khusus untuk perguruan tinggi, pendidikannya memiliki nilai yang strategis dalam pembangunan negara serta persaingan global. Kualitas lulusan dan penguasaan ilmu yang kompleks menjadi nilai lebih lulusan perguruan tinggi di setiap negara di dunia ini. Lulusan perguruan tinggi merupakan SDM unggul yang siap melanjutkan estafet kemajuan dunia melalui inovasi dan kepeloporan dalam penemuan teknologi. Dengan kompetensi pendidikannya, para sarjana siap mengaplikasikan ilmu pengetahuan mereka ke dalam dunia kerja atau industri. Mereka memiliki peluang yang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan dengan kedudukan dan gaji yang tinggi.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Kapulspdik)  Abdul Kahar (2024) melihat bahwa model pendidikan tinggi di Indonesia sudah didesain untuk menjembatani kebutuhan SDM untuk dunia kerja sekaligus tangga mobilitas sosial yang kredibel. Perguruan tinggi memiliki 3 keunggulan yang bisa membuka peluang mobilitas sosial kepada lulusan perguruan tinggi. Keunggulan tersebut antara lain:

#1 Instrumen Persaingan Global

Globalisasi dan evolusi ekonomi berbasis pengetahuan (the knowledge-based economy) telah mengubah secara dramatis konstelasi karakter dan fungsi pendidikan di seluruh dunia. Salah satunya adalah menjadikan perguruan tinggi sebagai instrumen penting dari persaingan global sehingga banyak negara di dunia berupaya untuk meningkatkan jumlah perguruan tinggi dan pendidikan profesional.

Dalam kerangka globalisasi tersebut ruang untuk persaingan dan kerjasama selalu bergerak dinamis sehingga berimplikasi pada relasi antarnegara yang bersifat kompetisi sekaligus kerjasama. Perubahan mendasar yang ditimbulkan oleh globalisasi ialah keterbukaan, yang mengimplikasikan demokrasi dan kebebasan, baik dalam diri individu maupun masyarakat serta pengelolaan negara dan bangsa.

Sumber: Investor.id
Sumber: Investor.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun