Mohon tunggu...
Lili Mafiatun Munawaroh
Lili Mafiatun Munawaroh Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hidup selayaknya air yang mengalir

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Pengaruh Media Sosial terhadap Remaja di Era Millenial

21 Juni 2019   09:17 Diperbarui: 21 Juni 2019   10:06 4514 2 0 Mohon Tunggu...

Salah satu hal yang berpengaruh dalam perubahan remaja di era sekarang ini yaitu lingkungan sosial termasuk teknologi. Dizaman modern ini teknologi menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam aktivitas harian masyarakat termasuk remaja, salah satunya teknologi berupa internet. 

Generasi millennial sendiri yaitu orang yang cukup mahir dibagian teknologi, dimana mereka lahir ketika teknologi sudah ada disekeliling mereka. Dengan begitu karakter manusia juga berperan didalamnya yang berarti pembentukan watak seseorang dari cara bergaul di lingkungannya, dan hubungannya dengan media sosial adalah karakter remaja zaman sekarang cepat berubah karena factor lingkungan yang mana rasa gensi mendominasi di kehidupan remaja itu sangat tinggi dan dari cara bergaulnya pun sangat berpengaruh.

Generasi millennial lebih cenderung suka bertanya dan meminta kritik serta saran untuk kemajuannya. Namun dikalangan remaja sekarang ini media sosial seakan sudah menjadi candu dimana tidak ada hari tanpa membuka media sosial. 

Media sosial memang menawarkan banyak kemudahan yang membuat para remaja betah berlama-lama berselancar di dunia maya, hasil riset yang dilakukan STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) Indonesia menunjukan kalangan remaja usia 15-19 tahun mendominasi pengguna internet di Indonesia (64%). 

Hal tersebut berpengaruh terhadap karakter remaja sehingga terbentuk karena tuntunan yang disebut sebagai suatu standard yang 'ideal' yang dimaksud adalah karakter remaja sekarang terbentuk dari apa yang dikatakan orang, dan tidak berasal dari pemikiran diri sendiri yang menyebabkan remaja tersebut akan mudah kehilangan jati dirinya sendiri.

Selain itu media sosial juga menumbulkan pro dan kontra yang mengakibatkan pengguna media sosial sering kali mengganggu proses belajar dan juga berhasil mengubah karakter remaja. Dizaman teknologi seperti sekarang ini kita dapat melihat disekitar kita mulai dari kehidupan remaja yang serba instant, memiliki ambisi besar untuk sukses, cinta kebebasan, percaya diri, dan sebagainnya.

Dengan begitu mereka yang mengakses menggunakan media sosial setiap hari, misalnya banyak remaja yang mengakses instagram tujuannya untuk mengetahui kehidupan orang lain dengan melihat snapgram orang tersebut. 

Dan dengan adanya media sosial juga menyebabkan timbulnya kemalasan seseorang untuk melakukan sesuatu, misalnya malas mencari jawaban tugas yang dikasih dosen atau guru yang rill dari pemikiran kita sendiri melainkan memilih jawabannya dengan mencari di google. Dan semua ini merupakan pengaruh dari adanya media sosial saat ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x