Mohon tunggu...
Lilik Makhfudho 4330020009
Lilik Makhfudho 4330020009 Mohon Tunggu... Mahasiswa - 4330020009

Nahdlatul Ulama University of Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Gerak dan Lagu, Cara Seru Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak

16 November 2021   11:00 Diperbarui: 16 November 2021   11:11 971
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Anak usia dini memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan kemampuannya. Salah satu aspek perkembangan yang memiliki potensi yang sangat besar yakni perkembangan kecerdasannya. Salah satu kemampuan yang mampu berkembang adalah kemampuan berbahasa. Pembelajaran bahasa Inggris akan memberikan hasil yang maksimal atau lebih baik jika diajarkan sejak dini. Karena pada masa ini daya ingat anak masih segar sehingga dapat menerima berbagai informasi dengan baik. Bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. 

Bahasa ini merupakan bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Bahasa Inggris juga telah diakui sebagai bahasa Internasional yang patut dikuasai oleh publik, agar mereka dapat berkomunikasi di dunia global. Demi mewujudkan hal tersebut, seorang pendidik sebaiknya dapat memilih dan menggunakan metode penyampaian materi secara tepat.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan tersebut yaitu melalui metode gerak dan lagu.  Pembelajaran gerak dan lagu merupakan metode yang sangat tepat diberikan bagi anak usia dini. Dalam hal ini pembelajaran gerak dan lagu dapat mempengaruhi dan mengendalikan pusat syaraf anak untuk lebih mengembangkan kecerdasannya.

Metode seperti ini memiliki arti yang penting bagi anak dalam proses tumbuh kembangnya, karena dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik, bahasa, kepekaan terhadap irama dan musik. Selain itu metode ini juga mampu meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian anak untuk mengambil resiko karena mereka dapat mengekspresikan gerakan dengan caranya sendiri. Kegiatan seperti ini akan menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan sehingga materi pelajaran bahasa Inggris menjadi lebih mudah diterimanya.

Metode pembelajaran ini terbagi menjadi dua fase yaitu: Pertama guru harus mempersiapkan sebuah materi yang sudah dimasukkan dalam media. Kemudian  menampilkannya di depan siswa dan menginstruksikan untuk mengikuti gerakan yang ditampilkan dan ini bisa dilakukan dengan video. Kedua tanpa menggunakan media, ini merupakan cara lama bagi seorang guru yang memiliki kemampuan baik. Guru mempersiapkan materi untuk selanjutnya dicontohkan secara langsung didepan siswa.

Metode gerak serta lagu yang dinyanyikan secara langsung akan memberikan sebuah pengetahuan baru bagi anak terutama mengenai nada dan gerakan. Nada yang ada akan membawa anak pada suasana riang, syahdu, sedih dan semangat.  Sedangkan gerakan-gerakan yang dilakukan oelh anak bisa menambah kecerdasan anak. Gabungan dari gerak dan lagu meskipun dilakukan pengulangan tidak akan membuat anak mudah merasa bosan.

Ketrampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris adalah sebuah proses pembelajaran yang harus dilakukan bertahap. Proses pembelajaran ini juga membutuhkan jumlah waktu yang berbeda-beda dalam pendidikan tiap individu. Sehingga metode ini dapat menjadi salah satu cara untuk memasukkan unsur Bahasa itu ke dalam pikiran siswa sehingga siswa akan terbiasa mendengarkan kata-kata yang dinyanyikan dalam lagu tersebut. Selanjutnya pengulangan sehari-hari dalam ruang kelas dibantu dengan bahan ajar dan peralatan yang memadai akan mempercepat proses belajar mengajar untuk mencapai hasil yang maksimal dari para siswa.

Keberhasilan metode ini tidak terlepas dari peran pendidik. Dimana dalam setiap upaya peningkatan mutu pendidikan memerlukan cara peningkatan mutu pembelajaran. 

Agar proses pendidikan dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien, maka pendidik dituntut harus memiliki kompetensi yang mumpuni. Kompetensi itulah yang menjadi bekal untuk menilai apakah seorang pendidik itu berkualitas atau tidak. Kompetensi pendidik menjadi gambaran tentang apa yang sekiranya dapat dilakukan seorang pendidik dalam melaksanakan pekerjaannya. Kemampuan yang dimiliki seorang pendidik atau guru sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didiknya. Guru yang memiliki pengetahuan luas, mampu mentransfer lebih banyak pengetahuan kepada muridnya. Sebaliknya, guru yang berpengetahuan sempit, kurang dapat memberikan banyak pengetahuan kepada muridnya.

Upaya pengembangan model pembelajaran inovatif gerak dan lagu seperti ini diharapkan dapat disebarkan lebih luas lagi. Hal ini lebih didasarkan pada penilaian bahwa metode ini lebih menarik dan menyenangkan untuk usia dini. Selain itu metode pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terkait materi yang diajarkan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun