Mohon tunggu...
Lilia Gandjar
Lilia Gandjar Mohon Tunggu... Pengajar, Penulis, Pencinta Lingkungan

Lulus dari Teknik Kimia dan menyukai dunia tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Membangun Tim Kerja yang Efektif

30 Juli 2020   16:17 Diperbarui: 30 Juli 2020   16:15 141 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangun Tim Kerja yang Efektif
Illustrasi | Freepik.com

Pepatah mengatakan a champion team will defeat a team of champions. Tim unggulan akan mengalahkan tim yang isinya orang-orang hebat.

Pada dasarnya, manusia akan bekerja optimal di dalam sebuah tim. Sama seperti kehidupan binatang, mereka yang lemah dan berada di luar kumpulannya, akan mudah dimangsa predator. Begitupun dengan manusia, jika tidak memiliki relasi luas dan kuat, kemampuannya untuk bertahan hidup lemah.

Berada di dalam satu kelompok akan membuat seseorang menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, saat menemukan teman-teman yang tepat, pastikan untuk bersama-sama melakukan hal yang baik dan berguna.

Manfaat Bekerja dalam Tim

Orang-orang yang memiliki tim kerja, belajar mengembangkan karakter-karakter yang baik. Sebab bekerja di dalam tim, berarti fokus untuk kesuksesan tim, bukan untuk diri sendiri.

Karakter-karakter yang harus dikembangkan adalah setia, dedikasi, dan bekerja keras untuk tim. Sedangkan karakter yang akan terbentuk adalah mampu beradaptasi, pengertian, dan penerimaan. Dengan demikian, bekerja di dalam tim akan melahirkan kesejahteraan emosi.

Selain itu, suatu pekerjaan akan lebih cepat selesai jika dikerjakan oleh beberapa orang. Dengan kata lain, bekerja di dalam tim akan meningkatkan produktivitas.

Illustrasi manfaat bekerja dalam tim. Sumber: dokpri
Illustrasi manfaat bekerja dalam tim. Sumber: dokpri
Dan yang paling menguntungkan dari bekerja di dalam tim adalah menambah kesejahteraan sosial.  Organisasi diuntungkan dengan produktivitas karyawan. Yang berarti membuka peluang bagi karyawan untuk mendapatkan bonus.

Sedangkan, di dalam tim itu sendiri, terbangun satu relasi pertemanan. Dimana ada kerukunan, maka disitulah tempatnya berkat tercurah. Misalnya saja, berkat makanan, berkat ide-ide inovatif baru, atau berkat kesehatan.

Membangun Tim Kerja yang Efektif

Membangun Ikatan

Ikatan yang kuat antara karyawan dengan karyawan, begitu juga ikatan yang kuat antara karyawan dengan organisasi, akan membuat performa organisasi optimal.

Membangun Kepercayaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN