Mohon tunggu...
Kholilatul Ummah
Kholilatul Ummah Mohon Tunggu... PecintaNYA tak terbatasi ruang waktu dunia

Love Allah, love Muhammad, love Islam, love Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Yang Tampak dan Tidak

4 Agustus 2020   10:04 Diperbarui: 4 Agustus 2020   10:02 15 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yang Tampak dan Tidak
Tumbuhan pucuk merah yang rontok daunnya karena pemyakit

Dalam segala hal ditunjukkan oleh dua hal, yang tampak oleh indra dan tidak, yang dhohir dan yang batin. Sebagaimana tanaman yang biasanya tumbuh dengan baik, apabila tanaman yang nampak lusuh, kering, sakit, maka yang dibaliknya sangat mungkin akarnya juga rusak karena penyakit. 

Begitu pula yang terjadi dalam diri manusia, apabila sikap yang nampak tidak baik, tidak ramah, suka membenci, suka menghasut, suka iri dengki. Maka jiwanya sudah pasti sedang sakit dipenuhi tutup yang menimbulkan kondisi gelap, sehingga cahaya kehidupan sulit masuk untuk menunjukkan segala kotoran yang ada dan menimbulkan penyakit. 

Apa yang mesti dilakukan ketika kondisi terlanjur demikian, dibutuhkan petunjuk dari Allah berupa hidayah untuk membersihkan diri, menuju jalan taubat, dengan selalu menyadari bahwa diri manusia itu memang lemah dan selalu membutuhkan pertolongan Ilahi.

Ibarat tanaman yang rusak, maka  harus dibongkar akarnya agar bisa diketahui terdapat penyakit apakah yang ada didalamnya, tidak ada jalan lain selain  dengan cara membongkar tanaman tersebut. Membutuhkan waktu untuk memproses agar hidup kembali, yaitu dengan terlebih dahulu membuang penyakit yang menggerogoti.  

Salah satu penyakit tanaman yang merusak akar 
Salah satu penyakit tanaman yang merusak akar 

Singosari, 04 Agustus 2020

Kholilatul Ummah 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x