Mohon tunggu...
lia Oktafiyanikaraswati
lia Oktafiyanikaraswati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Menulis adalah hoby yang menjadikannya karya abadi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Langkah Kecil Perubahan Besar (Net Zero Emissions)

7 Oktober 2021   08:45 Diperbarui: 7 Oktober 2021   08:50 157 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LANGKAH KECIL PERUBAHAN BESAR (NET ZERO EMISSIONS)


Terkadang suatu yang besar memerlukan hal kecil terlebih dahulu untuk dilakukan. Suatu langkah kecil yang dilakukan secara terus menerus tentu akan berefek besar dalam suatu hal apapun. Contohnya sekarang. Indonesia mempunyai misi dalam mencapai Net Zero Emissions selambat-lambatnya pada tahun 2060. Dalam misi mendukung Net Zero Emissions  tentu membutuhkan suatu kerjasama dan dukungan dari semua masyarakat. Sebenarnya isu ini sudah tersebar pada tahun tahun sebelumnya, dengan berbagai kebijakan dan aturan yang diciptakan oleh pemerintah, menemukan alternatif baru yang lebih banyak menggunakan energi listrik. Hal ini merupakan bentuk upaya dalam mencapai Net Zero Emissions tersebut.  


Kali ini penulis akan mencoba untuk menganalisis apa saja yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari dengan langkah kecil yang membawa perubahan besar sebagai bentuk upaya  medukung  Net Zero Emissions. Kalo ditelisik lebih dalam upaya ini mirip seperti pengurangan karbondioksida supaya tidak terjadi (global warming) atau pemanasan global. Dan pada intinya upaya yang dilakukan ini sebagai bentuk dalam menjaga bumi kita agar tetap aman, nyaman, terjaga, dan pastinya tidak terjadi kerusakan besar dalam jangka yang sangat panjang.

Sebenrnya gampang-gampang susah si.. karena hal ini memang harus menjadi komitmen di dalam masyarakat itu sendiri untuk melalui perubahan pada kebiasaan kebiasaan yang tidak mendukung dalam misi Net Zero Emissions. Jika bisa diterapkan dalam setiap masyarakat tentu hal ini akan menjadi perubahan besar dalam negara kita.

Apa saja yang bisa dilakukan, yuk disimak :
Yang pertama, untuk masyarakat yang suka sekali dengan tanaman, atau suka sekali memelihara tanaman disekitar rumahnya, bisa nih dimanfaatkan. Dan coba deh untuk menyumbang satu pohon untuk ditanam entah itu di sekeliling rumah, atau pada tanah kosong yang mungkin tanah tersebut tidak akan digunakan dalam pembangunan. Jika itu mengasyikkan bisa juga dibuat agenda, setiap bulan, setiap beberapa bulan, atau bahkan setahun.

Yang kedua, untuk masyarakat yang berada dikota atau didaerah yang panas, cobalah untuk menghemat AC. Untuk ruang kosong yang tidak digunakan, sebaiknya matikan saja AC nya, selain bisa menghemat energy, menghemat juga biaya, dan terpenting bisa juga membantu mendukung Net Zero Emissions.

Yang ketiga, sempet jadi kegiatan viral pada masa pendemi kemarin nih, yaitu memanfaatkan balkon rumah untuk ditanami berbagai macam tanaman hijau hijauan, bahkan dijadikan taman rumah gitu. Dan upaya ini bisa juga nih untuk mendukung Net Zero Emissions.  

Begitulah kiranya kegiatan kegiatan yang kita bisa lakukan sebagai bentuk upaya mendukung Net Zero Emissions. Bisa dibayangkan jika seluruh masyarakat Indonesia menerapkan kegiatan ini, terutama yang berada di perkotaan. Tentu akan berdampak positif untuk diri, masyarakat sekitar, dan bumi itu sendiri.

Rasanya membayangkan saja sudah lumayan lega di pikiran, apalagi jika terealisasikan..  

Jika ada kemauan untuk bergerak lebih baik pasti ada jalan, dan alam pun akan berpihak pada kita. So, mari kita jaga lingkungan kita agar tetap hijau dan terjaga alamnya. Karena jika kita melakukan kegiatan di atas tetapi hutan dan pepohonan diluar sana tetap ditebang seenaknya, tanpa dijaga juga percuma dong..  jadi cobalah untuk meningkatkan kesadaran diri dalam lingkungan dan cobalah untuk memikirkan kehidupan selanjutnya (anak cucu kita nanti) supaya bisa menikmati indahnya alam Indonesia yang menjadi primadona di sejumlah negara.

Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan