Mohon tunggu...
Lesterina Purba
Lesterina Purba Mohon Tunggu... Penulis

Hidup hanya sebentar perbanyaklah kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Memiliki Buku Solo di Tahun 2021

12 Januari 2021   22:32 Diperbarui: 12 Januari 2021   22:38 106 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memiliki Buku Solo di Tahun 2021
Sumber gambar Dokri

Renungan Tahun 2020 Harapan Tahun 2021

Tahun lalu adalah tahun masa yang penuh perjuangan, masa melalui wabah virus covid 19. Berdampingan hampir setahun. Banyak hikmah yang dapat kita pelajari. Antara lain yaitu :

  1. Hidup bersih dan sehat

Mengapa hidup bersih dan sehat? Sekarang selain menjaga imun tetap stabil kita juga memerlukan makanan bernutrisi. Hidup bersih, mencuci tangan dengan air mengalir dan memakai sabun. Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara agar tidak terjangkit virus covid 19.

  2. Mendapatkan pembelajaran baru

Bagi saya pada saat pandemi ini banyak hal baru yang ditemukan. Seperti pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran yang dilakukan melalui daring atau jaringan internet. Dan menggunakan aplikasi classroom, meeting zoom, zoom meeting dan lain sebagainya. Banyak hal baru yang kita dapatkan. Ilmu baru. Yang tadinya tidak paham dengan komputer, sekarang wajib membuat video pembelajaran bagaimana agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan.

 3. Budaya baru

Budaya baru yaitu yang sebelumnya tidak pernah ada sekarang sudah menjadi tradisi bagi seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya adalah, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan. Selain itu juga berdiam diri di rumah lebih baik daripada jalan- jalan ke tempat wisata.
Setelah banyak waktu luang di rumah. Muncullah budaya baru bercocok tanam di pot, atau ada juga hidroponik. Ini adalah budaya baru karena wabah covid 19.

4. Trend baru

Setelah budaya baru, menjadi trend. Trend bercocok tanam bunga yang konon harganya mahal seperti Aglonema, moenstra atau lebih tenarnya bunga janda bolong. Kemudian tren lagi bunga keladi. Yang dulu hidup liar di pinggir jalan sekarang naik derajat.

  5. Pendidikan belajar dari rumah (BDR)
 
Mewabahnya covid 19 mengharuskan sekolah belajar di rumah (BDR). Keadaan ini banyak yang tidak terima. Kapan masuk sekolah lagi? Beberapa orang tua menanyakan hal ini. Padahal harapan di awal tahun 2021 kita sudah bisa tatap muka. Ternyata Tuhan berkehendak lain. Tetap belajar dari rumah. 

Memasuki tahun 2021 harapan ke depannya. Tetap diberikan kesehatan dan kekuatan. Bisa menjadi orang tua yang tangguh bagi si buah hati. Membagi waktu buat mereka karena pagi hari saya juga melaksanakan tugas dan tanggung jawab membimbing anak-anak bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x