Mohon tunggu...
Agung Dwi Sandi
Agung Dwi Sandi Mohon Tunggu... Administrasi - Suka belajar hal baru

scientific evidence

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

5 Tips Memilih Sepeda yang Cocok untuk Anak-anak

24 September 2021   13:36 Diperbarui: 24 September 2021   23:26 59 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
5 Tips Memilih Sepeda yang Cocok untuk Anak-anak
brilio.net

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, tentunya anak-anak membutuhkan asupan dan kegiatan yang mampu mendukung tumbuh kembangnya. 

Anak-anak membutuhkan makanan yang bergizi dan baik untuk pertumbuhan. Selain itu, anak-anak juga memiliki kecenderungan yang sangat aktif dan energik. 

Ada berbagai aktivitas motorik dan kinetik yang sering dilakukan, seperti bermain di luar rumah, berolahraga, dan kegiatan aktif lainnya. Kegiatan tersebut selain bisa menyalurkan energi anak-anak dan memberikan kesenangan, juga berperan dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Kegiatan yang aktif dan teratur juga bisa menjadi kebiasaan baik bagi anak.

Salah satu kegiatan yang paling disukai oleh anak-anak adalah bermain sepeda. Sudah jadi rahasia umum bahwa bersepeda adalah salah satu kegiatan yang digemari, bahkan hampir setiap anak ingin mempunyai sepeda, begitupun dengan yang Anda rasakan ketika masih anak-anak dulu. 

Sebagai orang tua, tentu Anda ingin memenuhi keinginan anak Anda dan tetap memerhatikan keamanannya. Memilih sepeda anak tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang perlu ada pertimbangan seperti usia anak dan jenis sepeda. Oleh sebab itu, berikut beberapa tips memilih sepeda untuk anak yang perlu Anda ketahui.

1. Sesuaikan Dengan Usia Anak

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membelikan sepeda anak adalah menyesuaikan dengan usia anak Anda. Membelikan sepeda dan mengajak anak berolahraga merupakan kegiatan edukatif yang sangat bermanfaat bagi anak. Namun, manfaat tersebut bisa dirasakan dengan maksimal jika anak menggunakan sepeda yang sesuai dengan usianya. 

Jika anak Anda baru berumur kurang dari satu tahun, maka Anda bisa membelikan sepeda roda tiga dengan dorongan yang bisa melatih kekuatan kaki anak untuk belajar berjalan. 

Sebaliknya, jika anak Anda sudah bisa berjalan dengan cukup lancar, Anda bisa membelikan sepeda roda tiga tanpa dorongan atau sepeda tanpa pedal untuk melatih keseimbangan anak. Usia anak juga perlu disesuaikan dengan ukuran sepeda.

2. Jenis Sepeda

Tips kedua sebelum membelikan sepeda untuk anak adalah Anda perlu mengetahui beberapa jenis sepeda anak yang tersedia. 

Beberapa jenis sepeda anak yaitu sepeda roda tiga dengan dorongan dan tanpa dorongan, sepeda push bike, dan sepeda roda dua. Sepeda roda tiga dengan dorongan cocok digunakan untuk anak-anak yang sedang belajar berjalan dan berusia sekitar satu tahun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan