Mohon tunggu...
Leni Marlin Lase
Leni Marlin Lase Mohon Tunggu... Freelancer - ibu bekerja yang ingin terus belajar

bisa dijumpai juga di lenimarlins@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Media Sosial dan Manfaatnya

7 Juli 2022   18:00 Diperbarui: 7 Juli 2022   18:06 139 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Tracy Le Blanc: https://www.pexels.com/

Pada zaman dahulu, menonton televisi atau membaca koran adalah cara yang paling mungkin dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang sedang terjadi, baik secara nasional maupun internasional. Saat ini, semua sudah berubah. Kehadiran internet membuat orang-orang tidak lagi hanya mengandalkan kedua media tersebut. 

Adalah media sosial yang menyodorkan segala kebaruan berita langsung ke hadapan kita secara real time. Dengan menggunakan smartphone, kita bisa mengetahui apa yang terjadi di ujung dunia, bahkan dengan sangat detail.

Bagi saya, membaca dari media sosial punya banyak sekali manfaat. Apa saja di antaranya? Pertama, lebih up to date terhadap apa yang sedang terjadi. Kita bisa memantau harga minyak goreng dalam sekejap hanya dengan melemparkan pertanyaan di status Facebook. 

Lalu, semua teman yang notabene berada di berbagai daerah akan menjawab. Faktanya valid karena langsung disampaikan oleh orang yang berada di lapangan.

Kedua, saya bisa membaca berbagai pengalaman orang-orang lewat "curhatan" mereka di media sosial. Pengalaman mereka memberi banyak pelajaran kepada saya tanpa harus menjalaninya sendiri. Dan menariknya, mereka bercerita dengan sangat baik sehingga saya seolah-olah mendengarkan langsung. 

Dari membaca pengalaman, saya bisa mawas diri serta memperbaiki diri sendiri. Sungguh kesempatan yang sangat berharga.

Ketiga, ya pastinya mendapatkan hiburan. Ada banyak konten di media sosial yang bikin saya terpingkal-pingkal karena sangat menghibur. Tatkala ada waktu senggang, nyekrol media sosial adalah hal yang sering kali saya lakukan. Saya bisa tersenyum-senyum sendiri dengan meme yang lewat di timeline. 

Sebuah kebahagiaan kecil yang berharga di tengah rutinitas harian. Cara alternatif untuk membunuh kebosanan.

Jadi, media sosial memberi banyak manfaat bagi saya secara pribadi. Ini adalah bagian dari manfaat internet yang bisa dinikmati oleh banyak orang dengan mudah. 

Internet yang bisa diakses dengan lancar tentu menjadi tiang pendukung yang utama. Beruntung saat ini di Indonesia kita bisa menikmati koneksi internet dengan berlangganan IndiHome dari Telkom Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan