Networking, atau membuat relasi dengan berbagai pihak merupakan hal yang penting di berbagai macam dunia pekerjaan, salah satunya bisnis.Â
Oleh sebab itu, tidak asing lagi jika kamu melihat para pebisnis seakan-akan saling mengenal satu sama lainnya. Entah dengan pebisnis yang dapat dianggap pesaingnya, sampai dengan pihak-pihak distributor dan konsumen.Â
Apakah kamu pernah berpikir kenapa networking itu sangat penting untuk dilakukan? Sebenarnya, apa itu networking?
Pengertian NetworkingÂ
Networking adalah upaya memperlebar jaring koneksi seorang pebisnis, dengan cara bertemu lalu berkenalan dengan banyak pihak. Tempat-tempat networking juga banyak, dan tidak selalu terkesan kaku atau seremonial seperti yang sering diperlihatkan di series, film, atau drama Korea.Â
Kamu bisa saja berkenalan dengan sesama pebisnis saat mengunjungi toko, atau mengikuti akun media sosial (medsos) mereka secara personal.Â
Ini ada beberapa tips untuk kamu yang ingin memperluas koneksi di dunia bisnis!
1. Ikuti perkembangan pasarÂ
Yang pertama, jangan pernah lengah dan tidak memperhatikan trend dari waktu ke waktu. Tren ini dapat berupa produk yang sedang digemari konsumen, sampai informasi atau berita yang sedang viral dan bisa kamu jadikan bahan marketing juga (contoh: penggunaan TikTok yang bisa buat produk usahamu laku!).Â
Ikuti medsos pemilik bisnis yang kamu rasa menarik, jika memang tidak dapat bertemu secara langsung, perkenalkan diri kamu dengan sopan secara digital (direct messages atau email). Jangan hanya perkenalkan nama kamu, tapi kenalkan juga produkmu dan apresiasimu terhadap produk yang mereka buat.
Berkomunikasi dengan konsumen juga hal yang baik. Sebagai pebisnis, terkadang kacamata yang kamu gunakan berbeda dengan para pengguna medsos biasa. Coba tanyakan dengan sopan dan kreatif, konten-konten apa yang mereka gemari, sampai influencer mana yang sangat mempengaruhi mereka?