Main TikTok bisa menghasilkan uang? Atau mendatangkan massa? Bukan rahasia umum lagi, bukan?
Banyak sekali kasus di mana lagu artis, bisnis lokal, sampai konten kreator Indonesia viral di platform video tersebut dan akhirnya tersebar secara worldwide.Â
Bulan lalu, lagu penyanyi asal Indonesia, Pamungkas, yang berjudul 'To The Bone' viral di TikTok. Padahal lagu tersebut sudah rilis sejak tahun 2019, tetapi kembali 'naik' dan dipakai di mana-mana sejak pengguna TikTok menggunakan lagu tersebut sebagai bahan konten mereka.Â
Nubukbags, salah satu satu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia yang berfokus pada produk tasnya juga berhasil menarik pelanggan luar negeri setelah melebarkan sayap pemasaran toko tersebut ke TikTok. Berawal dari ingin menumbuhkan awareness pelanggan terhadap brand tersebut, toko tas lokal ini malah mendapatkan bonus yang menyenangkan.Â
Penasaran tips dan trik bisnismu bisa berkembang atau viral di TikTok? Simak artikel kali ini sampai habis.
Pakai Subtitle atau Bahasa Inggris
Kamu bisa menambahkan subtitle atau kata-kata bahasa Inggris dalam kontenmu, entah untuk candaan atau memang narasi secara keseluruhan. Sehingga orang-orang di luar Indonesia juga bisa mengerti sedikit-sedikit apa arti konten yang kamu keluarkan tersebut.Â
Eits, tapi tidak usah memaksakan membuat konten full berbahasa asing kalau kamu memang tidak nyaman, karena akan terlihat dalam video nantinya. Tenang saja karena ada 'bahasa' lain yang bisa tetap menjual karyamu!
Gunakan Ekspresi yang Pas