Main TikTok bisa menghasilkan uang? Atau mendatangkan massa? Bukan rahasia umum lagi, bukan?
Banyak sekali kasus di mana lagu artis, bisnis lokal, sampai konten kreator Indonesia viral di platform video tersebut dan akhirnya tersebar secara worldwide.Â
Bulan lalu, lagu penyanyi asal Indonesia, Pamungkas, yang berjudul 'To The Bone' viral di TikTok. Padahal lagu tersebut sudah rilis sejak tahun 2019, tetapi kembali 'naik' dan dipakai di mana-mana sejak pengguna TikTok menggunakan lagu tersebut sebagai bahan konten mereka.Â
Nubukbags, salah satu satu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia yang berfokus pada produk tasnya juga berhasil menarik pelanggan luar negeri setelah melebarkan sayap pemasaran toko tersebut ke TikTok. Berawal dari ingin menumbuhkan awareness pelanggan terhadap brand tersebut, toko tas lokal ini malah mendapatkan bonus yang menyenangkan.Â
Penasaran tips dan trik bisnismu bisa berkembang atau viral di TikTok? Simak artikel kali ini sampai habis.
Pakai Subtitle atau Bahasa Inggris
Kamu bisa menambahkan subtitle atau kata-kata bahasa Inggris dalam kontenmu, entah untuk candaan atau memang narasi secara keseluruhan. Sehingga orang-orang di luar Indonesia juga bisa mengerti sedikit-sedikit apa arti konten yang kamu keluarkan tersebut.Â
Eits, tapi tidak usah memaksakan membuat konten full berbahasa asing kalau kamu memang tidak nyaman, karena akan terlihat dalam video nantinya. Tenang saja karena ada 'bahasa' lain yang bisa tetap menjual karyamu!
Gunakan Ekspresi yang Pas
Bahasa tersebut adalah ekspresi muka dan tubuh yang ditunjukkan dalam sebuah video. Pernah menonton iklan ataupun video di Youtube yang membuat kamu tidak dapat men-skip mereka? Hal ini karena 'ekspresi' yang ditunjukkan suatu konten, menarik dan membuat orang ingin mendengarkan kisah mereka sampai habis.
Ekspresi yang pas juga tidak harus selalu dibuat-buat, malahan akan lebih baik jika kamu secara alami mengeluarkannya. Saat sedang tertawa karena hal lucu, atau menangisi hal-hal di kehidupan ini, sampai menertawakan kondisi yang kamu alami sekarang. Sebenarnya, semakin kamu tulus dan jujur dalam membuat konten, semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan penonton yang sefrekuensi denganmu.Â
Contohnya adalah Shou, pemilik merek perhiasan bernama 'Mimi Shou' yang berhasil meningkatkan penjualannya sebesar 380%. Peningkatan tersebut terjadi setelah dirinya men-post konten TikTok berisikan dirinya menertawakan kondisinya sekarang, yang baru terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan bisnisnya tidak kunjung sukses. Padahal, di awal membuat akun TikTok pribadinya, Shou mengaku tidak berniat mempromosikan bisnisnya melainkan hanya ingin membagikan kisah kondisi hidupnya sekarang yang menurutnya miris tapi sedang dialami oleh banyak orang juga.
Kamu juga bisa belajar banyak dari kasus Shou tersebut. Kalau sebenarnya membuat konten dengan materi atau ide yang ada di dekatmu juga bukan halangan untuk menembuh pasar yang luas. Bayangkan, dari yang awalnya ingin menertawakan diri sendiri, malah mengundang tawa banyak orang dan akhirnya menghasilkan keberhasilan baru.Â
Pakai Lagu yang Sedang Trending
Kamu juga bisa menggunakan lagu-lagu yang sedang viral di TikTok sebagai backsound atau materi videomu. Cara tahunya bagaimana? Coba kunjungi hastag #foryourpage atau #fyp dan sejenisnya, dan riset lagu apa saja sih yang sedang marak dipakai.Â
Konten Menarik, Mudah Dipahami
Trik terakhir yang tidak kalah pentingnya, pastikan video yang kamu buat tidak terlalu berat atau susah dipahami oleh para penonton. Umumnya, banyak pengguna media sosial (medsos) yang fokus dengan konten videonya ini menghabiskan banyak waktu untuk menonton konten-konten yang menghibur, juga dapat mengedukasi mereka secara halus.Â
Alangkah lebih baiknya kalau kamu dapat mempromosikan usahamu secara halus juga, bukan hard-selling atau terang-terangan. Bisa menggunakan narasi cerita yang unik dan tidak terbaca akhirnya, sampai bercandaan yang humoris dan mengundang tawa penonton.Â
Jangan lupa juga untuk mencocokan dan menyeimbangkan jenis konten yang ingin kamu buat dengan trend masa kini, atau yang paling dekat-dekat ini: bulan Ramadhan! TikTok Ramadhan Insight 2021 juga sudah mengeluarkan prediksi konten-konten apa saja, lho, yang dicari banyak penggunanya saat periode tersebut datang.Â
Sudah tidak sabar berjoget ria, bercerita, atau bercengkrama melewati video TikTok-mu sambil mempromosikan usahamu juga? Usahakan untuk selalu mengutamakan kreativitas dan konsistensi ya, supaya hasil memuaskannya berkelanjutan.
Penulis: Samantha Yohana Blessya