Mohon tunggu...
LARISSA NATHANIAPHELIA
LARISSA NATHANIAPHELIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

halo namaku Larissa Nathania Phelia, biasa dipanggil ica. Hobiku menonton film, tidur, dan traveling.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Mengikuti Geladi Hominisasi

27 November 2022   16:30 Diperbarui: 27 November 2022   16:31 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi merupakan salah satu program yang diadakan oleh Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) bagi seluruh mahasiswa di semua fakultas. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam berpendapat, berdiskusi, berbahasa, dan bernegara.

Program geladi hominisasi ini terdiri dari dua tugas, yaitu tugas pra gelada dan tugas pasca geladi. Tugas pra gladi terdiri dari dua tahap. Tugas tahap pertama kami diminta untuk menyimak lagu indonesia raya yang terdiri dari 3 stanza, lalu kami harus menjelaskan syair mana yang kami suka dan sangat menarik. Lalu tugas tahap ke dua kami harus memilih salah satu video dokumenter yang menurut kami menarik. Kami diminta menganalisis apa saja isi dan pesan yang disampaikan dalam video tersebut. Tugas pra geladi ini harus dikumpulkan melalui media google form dan paling lambat dikumpulkan pada tanggal 18 November 2022. 

Hari H pelaksanaan geladi hominisasi pada tanggal 20 November 2022 dilaksanakan pukul 08.00 pagi. Acara ini berlangsung sampai dengan pukul 13.00 siang. Dari geladi hominisasi ini saya mendapatkan banyak inside yang sangat menarik. Saya belajar untuk berani mengemukakan pendapat secara langsung, saya juga mengenal lebih banyak teman dari fakultas yang berbeda, saya bisa mengalahkan kegugupan saya dalam presentasi, dan saya juga bisa lebih berfikir kreatif dan inovatif dalam mengemas sebuah topik untuk di presentasikan. 

Kemampuan berpikir secara logika dan berbahasa sangatlah penting sebagai warga negara terutama dalam berdinamika di masyarakat. Kita membutuhkan pemikiran yang logis dalam berkontribusi di masyarakat agar setiap tingkah laku dan cara berbahasa kita yang sopan dan santun dapat diterima baik oleh masyarakat dan orang banyak. 

Kemampuan yang saya dapat dalam geladi hominisasi ini akan terus di terapkan serta ditingkatkan dalam dinamika perkuliahan setiap harinya. Saya akan meningkatkannya dengan menambah pengetahuan sebanyak banyaknya serta berlatih terutama dalam setiap kesempatan yang saya miliki. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun