Ekonomi

Gas Bumi Murah Tidak Mempengaruhi Laba Bersih PGN

6 Desember 2016   09:59 Diperbarui: 6 Desember 2016   10:11 24 0 0

Di luar sana, harga minyak dunia bolehlah melambung tinggi. Tetapi di dalam sini, di Indonesia, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) mampu menawarkan gas bumi murah untuk masyarakat Indonesia sebagai solusi untuk energi alternatif, baik itu bagi sektor rumah tangga, UMKM, dan industri. Karena itu beruntunglah Anda yang menjadi salah satu penikmat energi ramah lingkungan dan ramah kantung tersebut, sebab tidak semua orang seberuntung Anda, mampu menghemat beberapa sen pengeluaran sekaligus tanpa sadar berkontribusi terhadap lingkungan hidup. Enak tho?

Sudah hemat biaya, berkontribusi ke lingkungan, kita juga membuat negara untung bukannya buntung. Karena siapa bilang harga gas bumi murah membuat pendapatan PGN devisit? PT Perusahaan Gas Negara tetap diuntungkan lho selama ini.

Data pendapatan PGN selama semenster I di tahun 2016 ini membukukan pendapatan bersih PGN mencapai US$ 1,44 milyar atau naik sebesar US$ 23 juta dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dan US$ 23 juta ini bukan angka yang kecil! Setuju kan? Harus setuju.

Kembali lagi ke data, peningkatan tersebut berasal dari beroprasinya pipa transmisi gas Kalija I yang dioperasikan oleh PT Kalimantan Jawa Gas.

Di tengah lambatnya perekonomian Indonesia di tahun 2016 ini, PT Perusahaan Gas Negara terus melakukan efisiensi sehingga mampu mencetak laba. Yah, kita tilik saja laba operasi di semester I tahun 2016 ini, mencapai US$ 216 juta dan laba bersihnya US$ 152 juta atau 2 trilyun rupiah jika diuangkan dengan nilai tukar tanah air. Sedangkan EBITDA-nya sendiri sebesar US$ 431 juta atau naik sebanyak US$ 14 juta dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Yap, prestasi yang membanggakan. Karena jika kita melihat PGN sebagai perusahaan, tentu semakin besar keuntungan yang diperolehnya semakin besar pula pajak yang dibayarkan ke negara. Terlepas dari kontribusi PGN sendiri untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia dibidang energi.

Nah, untuk itu, bagi yang belum memiliki dan menggunakan gas murah PGN padahal wilayah Anda dilalui jalur-jalur pipa gas yang dibangun oleh PGN, segeralah mendaftarkan diri Anda dan lakukan penghematan dari sekarang. Sebab, dengan menggunakan gas bumi murah, kita juga berkontribusi terhadap perekonomian negara. Siapa sangka.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.