Mohon tunggu...
Muhammad Haryo Pambudi
Muhammad Haryo Pambudi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blogger

Gagal coba lagi , jatuh bangkit lagi.

Selanjutnya

Tutup

Atletik Pilihan

Cara agar Berlari Tidak Mudah Lelah Berdasarkan Pengalaman Pribadi!

19 Juli 2021   05:35 Diperbarui: 19 Juli 2021   07:09 375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : pixabay.com

                                                                                     


Haloo , salam olahraga ! Dalam artikel ini aku pengen membagikan cara berlari agar tidak mudah lelah berdasarkan pengalaman aku sendiri.

Seperti yang kita tahu, lari merupakan cabang olahraga yang paling simpel dan mudah dipraktekkan, selain itu juga dapat dilakukan dimana saja.Walaupun begitu , tetap saja dalam olahraga lari memiliki teknik khusus agar memiliki ketahanan fisik yang kuat alias tidak mudah lelah. Penasaran bagaimana caranya ? Yuk simak cara berlari agar tidak mudah lelah, langsung berdasarkan pengalamanku sendiri !


1.Berdoa sebelum beraktivitas

Hal pertama yang aku lakukan ialah berdoa. Tidak hanya sebelum berlari , berdoa merupakan kewajiban sebelum melakukan aktivitas apapun. Dengan berdoa aku memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk diberikan kelancaran dan keselamatan saat menjalani kegiatan lari.

2.Menghindari makan dan minum yang berlebihan sebelum berlari

Kedua , ketika menjelang kegiatan lari , aku menghindari makan yang berlebihan sesaat sebelum lari. Bukan berarti saat kita berlari perut dalam keadaan kosong , tetapi tetap terisi dengan cara 3 jam sebelum berlari sudah makan terlebih dahulu. Selain itu, aku juga minum secukupnya agar tidak dehidrasi saat berlari.

Kalian mau tau gak alasan kenapa aku meghindari makan dan minum yang berlebihan ? Ini dia alasannya , yaitu supaya saat berlari tubuh kita tidak terlalu berat yang bisa menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah.

3.Melakukan pemanasan statis dan dinamis

Saat pemanasan aku selalu menerapkan pemanasan statis dan dinamis. Kalian pasti penasaran kan apa itu pemanasan statis dan dinamis ? Okelah aku jelaskan , jadi pemanasan statis merupakan pemanasan yang dilakukan dari ujung kepala sampai ujung kaki dengan posisi tetap di tempat. Sedangkan pemanasan dinamis adalah pemanasan yang dilakukan dengan cara bergerak dan berkesinambungan.

4.Mulai berlari pelan terlebih dahulu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Atletik Selengkapnya
Lihat Atletik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun