Mohon tunggu...
Lalu Aziz AlAzhari
Lalu Aziz AlAzhari Mohon Tunggu... Penulis - Orang Dalam

Dalam hal apapun kita semua masih dalam proses pembelajaran

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sejarah Singkat Suku Sasak di Lombok

26 Februari 2020   23:40 Diperbarui: 27 Februari 2020   18:07 4622 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
source image : Google image


Banyak peristiwa penting yang terjadi pada masa lalu,akan tetapi peristiwa penting belum bisa dicatat pada massa tersebutorang-orang masih belum mengenal huruf atau budaya baca tulis sehingga tidakada keterangan yang ditinggalkan secara tetulis. Zaman sebelum nenek moyangkita belum mengenal tulisan disebut zaman pra sejarah, sedangkan zamanprasejarah dimulai sejak manusia ada sampai manusia mengenal tulisan.

a.      Sumberinformasi zaman prasejarah 

Zaman prasejarah dilombok diketahui dengan cara menggaliinformasi dari sumber-sumber sisa peninggalan masa lalu maupun data-data yangada dipulau lombok. Data-data tersebut dapat diperoleh melalui sumber-sumberantara lain :

1.     Fosil,gua dibawah karang, bukit, pegunungan 

2.     Dapursampah sebagai petunjuk tentang tata cara kehiduoan manusia pada zaman dahulukarena dari tempat tersebut dapat ditemukan sisa-sisa makanan sepertibuah-buahan, karang-karangan maupun hewan yang lainnya 

3.     Alat-alatyang digunakan 

4.     Cerita-ceritarakyat, oral tradition, yang melekat pada masyarakat pendukung dipulau lombok

5.     Catatantertulis yaitu catatan yang menggambarkan berita yang menggambarkan kehidupanmassal lalu seperti lontar, hikayat, kronik 

Beberapa peninggalan tersebut menhadi sumber informasi tentangkebeadaan masyarakat massa lampau. Beberapa informasi yang dapat diperolehantara lain 

1.     Pola-polapenyesuain diri dengan lingkungan masyarakat termasuk persamaan, perbedaan danperubahan dalam struktur yang diasumsikan sejalan dengan belrangsungnya persamaan,perbedaan dan perubahan lingkungan. 

2.     Sisitemsosial teradap lingkungan, persamaan, perbedaan, serta perubahan unsur yangdapat menggambarkan persamaan kondisi serupa dalam sistem dan sratifikasisosial suatu masyarakat.

3.     Sistemideologi atau keagamaan suatu masyarakat 

Para peneliti kesulitan mencari bukti-bukti peninggalansejarah di pulau lombok. Peninggalan sejatah di pulau lombok hanya sebagiankecil tersisa. Beberapa faktor penyebab musnahnya peninggalan tersebut antaralain :

1.     Bangunanbersejarah seperti istana, prasati, dan lain-lain dihancurkan para penjajah,penguasa secara sengaja yaitu oleh karang asem dan dilanjutkan oleh penjajahbelanda.

2.     Sisabangunan yang ada, dilanda bencana alam yang dahsyat terutama lentusan gunungrinjani pada abad ke-17 sampai abad ke-19 

3.     Peninggalantertulis dalam bentuk prasasti yang terbuat dari logam maupun daun lontarbanyak diangkut penguasa belanda ke negaranya karena yang dikuasaipenjajah  belanda di bumi nusantara inibukan sekedar ekonomi namun menyangkut seluruh aspek kehidupan masuarakat mulaidar ideologi sampai ke henkamnya.

4.     Ktidakpahanan penduduk akan makna seharah menyebabkan benda-benda sejarah sepertisenjata, alat-alat rumah tanggga dijual secara sembarang lalu diangkat ke luardaerah dan keluar negeri.

5.     Yangpaling terpenting bahwa terdapat unsur kesengajaan dari para penjajah bahwasejarah termasuk bukti sejarah daerah lombok memang sengaja dihancurkan karenamereka memegang motto kalau ingin menghancurkan suatu bangsa atau kaumhancurkan sejarahnya.  

b.     Asalusul nenenk moyang dan penamaan suku sasak-lombok 

Asal usul nenek moyang suku sasak di pulau lombok darusumber legenda doyan nada kita memoperoleh dua tingkat perkembangan tentangasal usul nenek moyang pulau lombok sebagai berikut .

1.     Tingkatpertama : datu tuan mempunyai dua orang putra yaitu raden nune putra janjak dandewi anjani. Raden nune putra janjak lahir delengkapi dengan panah, sedangkandewi anjani lahir dilengkapi dengan keris. Setelah usia gadis dewi anjanidiajak oleh ayahnya membngun penetapan diatas sebuah puncak gunung. Lambat laungunung itu akan diberi nama gunung rinjani yang diambil dari nama dewi anjani.Dewi anjani sedih melihat pulau lombok yang sedikit penghuninya. Pulau inihanya dijejali oleh pokok kayu yang sesak (sasak). Oleh karena itu, dewi anjanimengutus 40 orang bangsawan yang dipimpin oleh penghulu alim. Penghulu aliminilah yang mempunyai keturunan pertama yang bernama dewe mederan. Kemudiandari keturunan inilah menurunkan tokoh-tokoh yang kelak akan mendirikan kerajaan-kerajaandiberbagai tempat di pulau lombok seperti selaparang, pejanggik, langko, bayan.

2.     Tingkatkedua : salah seorang bangsawan diutus oleh dewi anjani untuk menbangunpemukiman baru di pulau lombok bernama pengulu alim. Pengulu alim mempunyaiseorang putra bernama dewe mederan. Radene dewe maderan adalah sosok yangsangat kuat, dia mampu mengnkat beban yang sangat berat seperti pohon kayu,batu besar, pantek, lumbung padi, dan lain---lain. Dalam pengembaraannya dewemederan bertemu dengan tameng muter dan singar penyalin. Mereka bertiga mampumengalahkan raksasa palumunik di goa sekaroh. Didalam goa tersebut dijumpaitiga orang putri dari jawa masing-masing bernam dewi mas kencana (putri darikerajaan majapahit), dewi ni ketir (putri kerajaan madura), dan dewi ayu sasih(putri kerajaan jawa tengah). Dan masing-masing menikahi ketiga putri tersebutdewe maderan dengn putri kerajaan majapahit, tameng muter dengan putri kerajaanmadura, dan sigar penyalin dengan putri kerjaan jawa tengah. Perkembangan selanjutnya,raden sigar penyalin diutus oleh dewe maderan membangun kerajaan disebelahutara pulau lombok yaitu sembah ulun (sembalun). Tameng muter dliminta tinggaldi jerowaru, sedangkan dewe maderan melanjutkan kepemimpinan ayahnya pengulualim di selaparang. Putranya lambat alun membangun kerajaan pejanggik.

c.      Maknasasak dan lombok 

Penamaan suku sasak berasal dari sak saka. Dari tulisanlain, dari seorang pujangga terkenal dalam zaman majapahit, yaitu mpu prapuncamanulis nama lombok 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan