Mohon tunggu...
Syasya_mama
Syasya_mama Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Ibu 2 Putri, Indonesia - Korea 가는 말이 고와야 오는 말이 곱다 (Jika kata yang keluar baik, kata yang akan datang pun akan baik )

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Di Korea, Penjual Berikan Servis Gratis

30 Maret 2016   12:31 Diperbarui: 30 Maret 2016   17:35 456
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Ilustrasi - servis (onlienfezone.com"][/caption]Pernah gak saat Anda datang ke sebuah toko ternyata mesti nunggu lama untuk dilayani oleh penjualnya, sebelum memutuskan pergi karena kelamaan apalagi masih banyak orang yang emang nunggu seperti kita eeehh tiba-tiba kita disodorin minuman sweeger oleh pemilik toko? Saya yakin jarang banget kan ya? Kecuali kenal sama pemilik tokonya bisa jadi deh dikasih. Gimana kalau baru pertama kali itu datang ke toko tersebut? Jelas gak bakalan ada yang mau ngasih minuman sweeger gratis kan ya?

Khusus di Korea sepengalaman saya rata-rata penjual seringnya akan menyuguhkan secangkir kopi hangat, yakul ataupun minuman sweeger lainya kepada konsumen yang datang ke tokonya. Karena bisanya di toko mereka tersedia kulkas yang berisi minuman-minuman kaleng, dispenser air, gelas plastik serta kopi untuk para pembeli yang ingin minum. Fasilitas itu disediakan untuk servis gratis bagi pembeli.

Awalnya saya pikir hanya satu dua saja toko yang akan memberi kita servis seperti itu. Tapi semakin lama tinggal di Korea saya jadi tahu hampir kebanyakan penjual akan memberikan kita servis berupa kopi hangat, kopi dingin ataupun yakul. Jika beruntung kadang ada juga toko yang memberikan makanan ringan kepada pembelinya. Ini merupakan salah satu servis gratis yang diberikan oleh pemilik toko di Korea.

Kali pertama ketika saya menunggu lama untuk dilayani, karena kebetulan hari itu banyak banget yang beli. Sambil nunggu dilayani tiba-tiba pemilik toko yang sedang sibuk ngitung uang tiba-tiba ia mengambil minuman kaleng berupa kapi susu dari dalam kulkas yang berada di depan pada kami sambil berkata "yeogie seobiseu"  (Ini servisnya) Wahhh saya yang emang kehausan karena mendapat minuman dingin di dalam kaleng jelas berterima kasih banget. Saya suma mbatin dalam hati Mungkin nih servis yang pemilik toko beri dimaksudkan agar saya mau menunggu dengan sabar ngantri dilayani. Atau bisa juga "Jangan pergi dulu sebelum membeli disini?" Sipp mantap deh," guman hati saya

Kebanyakan orang biasanya kalau lihat antrian banyak bakalan pindah cari toko yang lain hehe paling bilang "Emang toko cuma elo doang?" ^_^. Dengan diberi servis minuman yang sweeger jadi mana bisa pergi hehe ^_^ Padahal pemilik toko gak tahu kita mau beli banyak atau sedikit. Yang penting servisnya dikasih asal pembeli tidak kabur, seberapa pun pembeli membeli barang dagangannya sepertinya tak menjadi masalah.

Karena buat orang Korea kalau pembeli sampai kabur itu karena kesalahan mereka tidak memberikan pelayanan yang baik. Saya perhatikan pembeli yang lain mereka malah langsung ngambil minuman di kulkas, ada juga yang membuat sendiri kopi hangat yang telah disediakan di toko tersebut. Wahh wah ternyata kalau kita mau minum kopi memang telah tersedia di situ dan gratis. Duh baru tahu ^_^


Lagi ketika kami datang di sebuah toko bahan kulit dan sedang memilih-milih bahan yang akan kami beli. Pemilik toko langsung membuatkan 2 cangkir kopi hangat dan memberikannya kepada kami. Si pemilik toko juga berkata, "Yeogie seobiseu." (Ini servisnya) Wahhh padahal saya belum tentu beli lho, tapi servisnya sudah datang duluan hehe. Kalau begini jadinya mau gak mau mesti beli kan ya? Saya pun sempat berkata, "Kami belum tentu beli kenapa dikasih kopi hangat?" 

Si pemilik berkata, "Gak beli juga gpp, ini kan servis gratis untuk yang datang. Mungkin lain kali mau membeli di sini," ucap si bapak. Saya yang mendengar penuturannya cuma bisa salut, taktik dagang yang patut ditiru. 

Pernah juga ketika kami ke pasar tradisional untuk membeli wadah plastik untuk kimchi. Setelah membeli beberapa dan membayarnya si pemilik memberikan kami 2 botol yakul "yeogie seobiseu" (Ini servisnya) Waduuh toko kecil begini aja kasih servis bagaimana dengan toko yang besar ya?

Ternyata toko yang cukup besar seperti toko penjual HP ataupun toko elektronik mereka lebih loyal lagi mereka menyuguhkan kopi hangat dan juga makanan kecil untuk yang datang ke tokonya. Wahhh-wahhh kalau begini benar-benar pembeli adalah Raja. 

Saat makan di sebuah restoran dan kami hampir selesai makan tiba-tiba beberapa gelas minuman seweger yang memang tidak kami pesan sampai di depan meja kami. Pemilik restoran yang mengantarkannya langsung berkata "yeogie seobiseu" (Ini servisnya) ia pun menawarkan jika mau minum kopi hangat boleh juga silahkan buat sendiri di situ tempatnya," sambil menunjuk tempat pembuatan kopi hangat yang ada di situ. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun