Mohon tunggu...
Lailatul qomariyah
Lailatul qomariyah Mohon Tunggu... Mahasiswi sukses

Sukses itu butuh usaha dan ikhtiar

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pengertian Metodologi Studi Islam dan Pembagiannya

14 Oktober 2019   02:30 Diperbarui: 14 Oktober 2019   02:31 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pengertian metodologi studi islam 

metodologi berasal dari kata metode yang berarti cara atau proses yang digunakan untuk memudahkan suatu pekerjaan. sedangkan studi adalah kajian yang mendalami suatu ilmu. sehingga bisa kita simpulkan bahwa metodologi studi islam adalah cara atau proses yang digunakan untuk memudahkan dalam pengkajian islam. karna dalam hidup tiada yang final semuanya butuh proses untuk menggapai nya dan jika anda ingin memahami islam sepenuhnya anda harus mengenal terlebih dahulu metode yang akan anda lalui atau gunakan untuk mendalaminya.

fungsi mempelajari metodologi studi islam

1.islam mencangkup semua aspek baik duniawi maupun ukhrawi dan keduanya tidak boleh dipisahkan hingga kita butuh adanya metodelogi untuk memudahkan dalam mendalami keduanya.

2.islam di pahami dalam berbagai sudut pandang. sehingga kita membutuhkan sebuah metode untuk mengetahui sudut pandang atau pemahaman yang manakah yang lebih relevan untuk kita ikuti.

3.menumbuhkan rasa toleran antara berbagai pendapat karna pemahaman kita yang mendalam atas metode itu sendiri

Metode sosio historis kritis 

Metode sosio historis adalah metode yang menonjolkan aspek sejarah dengan melihat suatu pernyataan yang mempunyai hubungan dengan waktu, tempat, budaya dan lingkungan dimana tempat dan budaya itu tumbuh. Metode ini mendalami dan mengkaji islam dalam  aspek  sejarah contohnya mendalami islam dengan cara meneliti sifat-sifat nabi Muhammad SAW.

Metode fenomenologi

Metode fenomenologi ialah pendekatan yang mengkaji tentang keberagaman sebagaimana sebagaimana ia muncul dan mengakar. metode ini membahas tentang sesuatu yang tampak atau maksud dari sesuatu. metode ini juga mengkaji atau meneliti sesuatu sesuai dengan maksud dan tujuannya 

Fungsi metode fenomenologi terbagi menjadi 3:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3