Mohon tunggu...
Laelatul Husaemah
Laelatul Husaemah Mohon Tunggu... Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Be brave but don't be stupid

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Jenis-jenis Paragraf

20 Januari 2021   21:07 Diperbarui: 20 Januari 2021   21:14 126 1 0 Mohon Tunggu...

 Paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang memiliki maksud didalamnya. Paragraf juga merupakan ekspresi yang dituang dari  ide penulis itu sendiri. Setiap kalimat yang ada dalam paragraph saling berkaitan satu sama lain.

Paragraf terdiri dari lima jenis, yaitu sebagai berikut :

1.Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang memberikan informasi kepada pembaca yang bersumber dari hasil pengamatan, pengalaman atau penelitian untuk menambah wawasan si pembaca. Paragraf ini memiliki ciri-ciri yaitu informatif, objektif, bukti yang kongkret dan penjelasan yang sistematis.

Berikut adalah contoh dari paragraf eksposisi :

"Ada dua macam tanaman mini, pertama adalah tanaman mini asli dan tanaman mini bukan asli. Tanaman mini bukan asli ini, jika ditanam ditanah, maka tanaman ini tidak bisa tumbuh besar. Dan juga bila ditanaman pada sebuah pot, maka tumbuhan ini akan mengecil. Sehingga lebih terlihat indah untuk dipandang dan sebagai hiasan rumah. Tanaman ini contohnya adalah chrysantium dan anthurium.

Kedua adalah tanaman mini yang bukan asli. Jika tanaman ini dibiarkan untuk tumbuh di tanah biasa, maka tanaman ini akan tumbuh normal dan membesar seperti biasa. Tapi jika tanaman ini tumbuh dalam sebuah pot, maka dia akan mengecil atau pertumbuhannya menjadi lambat. Contoh dari tanaman ini adalah palem, beringin, udang, dan pohon asam." Source :

2.Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang melukiskan suato objek, tempat atau kejadian kepada pembaca melalui panca indra agar si pembaca mengerti apa yang dilukiskan oleh si penulis. Ciri-ciri pargraf ini yaitu isinya melukiskan suatu benda, si pembaca merasakn apa yang ditulis si penulis dan merasakan dengan panca indra.

Berikut adalah contoh dari paragraf deskripsi :

"Bus merupakan kendaraan besar dan memiliki roda yang biasanya digunakan untuk mengangkut orang atau penumpang. Untuk Bus ini memiliki roda empat, body yang panjang dan besar, serta dapat memuat banyak orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN