Mohon tunggu...
Kusworo
Kusworo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penjelajah Bumi Allah Azza wa Jalla Yang Maha Luas Dan Indah

Pecinta Dan Penikmat Perjalanan Sambil Mentadaburi Alam Ciptaan Allah Swt

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

"Old Madina Fez" Marocco, Unik Tak Tertandingi

13 Oktober 2021   06:00 Diperbarui: 14 Oktober 2021   16:06 683 14 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
"Old Madina Fez" Marocco, Unik Tak Tertandingi
"Old Madina Fez" yang ada di Maroko. Foto: Kompas/Neli Triana

Point of Journey to Marocco-Spain : 9

“Fez... kota sejarah dunia yang mencacat goresan panjang sejarah di tubuhnya.  Dimana sang penguasa datang silih berganti dengan membangun jejak sejarah kekuasaannya di dalamnya.  Membangun situs peradaban manusia dengan menghancurkan yang pernah ada; mengembangkan yang masih tersisa atau bahkan mencampakkannya; dan kemudian membuat sesuatu yang baru di dalamnya. Perannya dalam bidang agama dan religi sangat luar biasa. Kehidupan di dalam kota tuanya, unik luar biasa. Penuh relegi dalam budaya dan sejarah. Maka sewajarnya lah Fez disebut kota Spiritual dan Budaya Dunia”

Hari ini kami menikmati perjalanan sepanjang 469 Km yang kami tempuh selama 7 Jam lebih,  dari desa kecil Merzaouga dekat Gurun Sahara menuju Kota Fez.  Kota yang pernah menjadi ibu kota Marocco dengan sejarah perkembangan kota yang sangat panjang. 

Dimana setiap penguasanya membangun jejak sejarah kekuasaannya dengan  situs peradaban kehidupan manusia dengan cara: menghancurkan yang pernah ada; mengembangkan yang masih tersisa; atau membuat sesuatu yang baru di dalamnya.

Sebuah kota yang saat ini mewariskan situs-situs peradaban dan budaya manusia  sebagai warisan dunia.  Beberapa bahkan dicatat sebagai warisan dunia tertua, yang dapat menjadi pembelajaran bagi kita sebagai manusia.

Perjalanan panjang menjadi menyenangkan karena pemandangan alam yang berbeda sepanjang jalan. Kami singgah di “Ifrane”, sebuah kota kecil cantik di wilayah Pegunungan Atlas Tengah, Marocco Utara, ,dengan ketinggian 1.665 meter. Untuk istirahat dan makan siang.  Kota Resort yang cantik dan indah.

Sebuah kota cantik yang dibangun oleh pemerintah kolonial Perancis dalam masa pendudukannya di Marocco. Dengan salju yang turun di musim dingin, Ifrane menjadi tempat istirahat yang pas dan berkelas.

Santap Siang Di Ifrane Kota Resort Di Pegunungan Atlas Tengah, Marocco Utara (Dok.MM-Pribadi)
Santap Siang Di Ifrane Kota Resort Di Pegunungan Atlas Tengah, Marocco Utara (Dok.MM-Pribadi)
Menjalang magrib kami baru tiba di kota Fez. Sebuah kota tua yang mengukir banyak sejarah dalam masa perkebangannya. Kota ketiga terbesar di Marocco, yang dalam catatan sejarah pernah menjadi ibukota Negara. 

Terletak di pedalaman utara Marocco, yang dikelilingi oleh perbukitan, Fez tercatat sebagai ibukota wilayah administrative Fez-Meknes.  Dengan populasi penduduk tercatat lebih dari 1.150.000 jiwa.

Kota yang dalam catatan sejarah dibangun oleh banyak penguasa kota. Awalnya pada masa pemerintahan Idrisid selama abad 8-9 M. Pada abad 10 M kota Fez diperebutkan antara Kekalifahan Cordoba dan Kekalifahan Fatimmah Ifriqiyah (Tunisia). 

Bergulir kepemerintahan Almoravid di abad 11-12 M. Disusul penguasa Almohad pada abad 12-13 M. Berpindah ke Marinid pada abad 13-15 M. Penguasa Saadis pada abad 16 M.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan