Mohon tunggu...
Kangen Water
Kangen Water Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Mengapa Harga Kangen Water Begitu Mahal?

24 Mei 2016   09:11 Diperbarui: 4 April 2017   17:24 2701
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Enagic menyebut mesin ionisasi air miliknya sebagai produk “berstandar emas.” Perusahaan asal Jepang ini juga menyebut air hasil ionisasi mesinnya dengan nama air Kangen sembari menegaskan bahwa air tersebut unik dan lebih baik daripada yang lain. Menurut perusahaan tersebut, hanya air Kangen yang memiliki sifat-sifat alkali dan antioksidan serta kemampuan untuk menghidrasi. 

Namun saya akan berikan fakta yang akan mengejutkan anda...

Yang menyebabkan air tersebut begitu berkhasiat bukanlah keunikannya dan standar emas yang ditetapkan oleh Enagic. Khasiat air tersebut muncul karena proses ionisasi mesin air Kangen yang meningkatkan tingkat alkalinitas air tersebut.

Sebagai konsumen, Anda sebaiknya mengetahui bahwa air hasil proses ionisasi mesin air Kangen secara ilmiah disebut juga “air basa terionisasi” atau “air tereduksi terelektrolisis” yang dihasilkan melalui proses elektrolisis. Proses ini bukan hal yang baru dan unik dan telah ditemukan sejak dekade 50-an. Dengan kata lain, semua mesin ionisasi air yang ada pada saat ini bekerja dengan proses yang sama ketika mengolah “air Kangen” atau “air basa,” seperti halnya semua mobil yang bekerja dengan proses yang sama untuk dapat bergerak, yaitu dengan proses pembakaran dalam.

Jadi, Mengapa Mesin Ionisasi Air Kangen Jauh Lebih Mahal daripada Mesin-Mesin Air Alkali Lainnya?

Kangen adalah sebuah merek dagang yang mencoba untuk mengukuhkan diri menjadi merek dagang “berstandar emas.” Inilah hal yang sering disebut-sebut sebagai alasan mengapa mesin ionisasi air Kangen jauh lebih mahal daripada pesaing-pesaingnya. Padahal yang sebenarnya terjadi jauh lebih sederhana. Enagic menggunakan teknik dagang Multi Level Marketing atau Network Marketing untuk menjual mesin-mesin ionisasi air Kangen mereka. MLM adalah teknik dagang yang cukup tua. Anda tentu masih ingat tentang para penjaja Tupperware di dekade 50 dan 60-an dan “Pesta Tupperware” mereka, bukan? Begitulah cara mesin ionisasi air Kangen dipasarkan. Distributor air Kangen akan mengadakan pertemuan atau mendatangi rumah Anda sembari menawarkan air Kangen secara cuma-cuma.

Penjualan antar-personal, pemberian air secara cuma-cuma dan berbagai demonstrasi yang dilakukan di rumah-rumah para prospek sebenarnya memakan uang yang sangat banyak. Para distributor harus menerima kompensasi atas digunakannya waktu mereka. Oleh karena itu,jika mereka berhasil melakukan satu penjualan, mereka akan mendapatkan satu irisan kecil dari kue. 

Lalu ke manakah irisan-irisan lainnya? 

Irisan-irisan tersebut akan dibagi-bagikan kepada orang-orang yang menjual mesin air Kangen kepada para distributor tersebut, kemudian kepada orang-orang di atas mereka, kemudian diatasnya lagi, dan kemudian di atasnya lagi. Jika dihitung, maka rentetan pembagian irisan-irisan kue ini bisa mencapai 7 hingga 9 tingkat di atas para distributor tersebut. Jika kue tersebut bernilaihampir $4.000, yang merupakan harga mesin andalan Enagic, yaitu mesinionisasi seri SD501, nilai total irisan-irisan kue yang dibagikankepada orang-orang tersebut di atas bisa mencapai 90% dari nilai sebenarnya dari produk tersebut. Hal ini telah secara elok diterangkan oleh Enagic dalam video yang mereka gunakan untuk merekrut distributor baru.

Inilah alasan sebenarnya mengapa mesin ionisasi air Kangen bisa begitu mahal. Jika Anda tidak percaya, tontonlah video tersebut dari awal sampai akhir maka Anda akan mengetahui betapa besar uang yang akhirnya masuk ke kantong-kantong tim pemasaran untuk setiap penjualan. Jika Anda berharap bisa meraup untung dengan memasarkan mesin air alkali Enagic, maka hal tersebut adalah sebuah rencana besar yang dapat Anda laksanakan dengan sukses hanya jika Anda adalah seorang ahli pemasaran yang berpengalaman. Kebanyakan dari kita tentu hanya ingin meminum air yang sehat tanpa ingin mengeluarkan uang yangbanyak dan terlibat terlalu dalam dalam rekayasa pemasaran seperti tersebut di atas, bukan?

Relevansi MLM di Abad 21 dengan Teknologi Internetnya

Teknik MLM ini sudah sangat tua dan kuno. Di masa modern ini di mana hampir setiap orang memiliki komputer dan telepon seluler yang dilengkapi koneksi internet, teknik MLM ini bisa terpinggirkan. Perusahaan-perusahaan yang masih menggunakan teknik MLM atau Network Marketing bagaikan kapal-kapal yang tengah karam. Namun perusahaan seperti Enagic tentu saja memiliki keuntungan pemasaran yang nyata karena tim pemasaran mereka terdiri dari tenaga-tenaga independen yang dapat mereka eksploitasi semau mereka. 

Kalaupun para distributor Enagic membohongi konsumen atau melanggar hukum, Enagic tidak bisa dituntut karena distributor mereka adalah pengusaha independen yang tidak berstatus karyawan perusahaan. Selain itu, Enagic bermarkas besar di Jepang, sehingga mereka bisa menghindari semua tuntutan hukum. Keuntungan yang paling nyata tentu saja adalah dengan bermarkas di luar negeri, mereka tidak harus membayar pajak untuk setiap produk mereka yang terjual. Sungguh rencana pemasaran yang cerdik, bukan? Memaksa konsumen dari Amerika Serikat untuk membayar tinggi tanpa harus membayar pajak kepada pihak pemerintah. Benar-benar sebuah bentuk imperialisme Jepang yang nyata.

Namun Benarkah Demikian Keadaannya?

Dengan adanya internet, biaya besar yang dibutuhkan oleh teknik pemasaran MLM dapat dipangkas. Perusahaan-perusahaan pembuat mesin ionisasi air dapat menjual mesin mereka langsung kepada konsumen dengan hanya melalui satu perantara, yaitu utusan perusahaan yang berkuasa untuk menawarkan hak garansi dan hak pengembalian barang. Akhirnya sekarang kita dapat menemukan beberapa merek-merek dagang baru yang semuanya menawarkan produk-produk mesin ionisasi air dengan harga yang jauh di bawah harga produk Enagic. 

Jika Anda memeriksa daftar perbandingan beberapa mesin ionisasi air, Anda akan menemukan bahwa banyak kompetitor Enagic yang menggunakan komponen-komponen yang lebih berkualitas daripada komponen-komponen mesin ionisasi air Kangen. Selain itu, Anda juga akan mendapati perlindungan garansi dan pengembalian barang dengan jangka waktu yang lebih lama.

Bagaimana Hal Tersebut Bisa Terjadi?

Jika Anda menonton video di atas, Anda bisa menghitung berapa besar nilai uang yang masuk ke kantong tim pemasaran untuk setiap penjualan SD501. Paling tidak, $2.280 dari harga mesin yang sebesar $4.000 harus dialokasikan untuk komisi. Inilah alasan sebenarnya mengapa mesin Kangen bisa begitu mahal. 

Jika Anda berpikir secara matematis, Anda akan mengetahui mengapa perusahaan-perusahaan lain mampu menawarkan mesin-mesin mereka dengan harga yang lebih rendah: mereka tidak harus membayar komisi yang sedemikian besar ketika mesin-mesin mereka terjual. Kelemahan dari sistem pemasaran ini adalah perusahaan tidak bisa memfasilitasi penjualan langsung antar-personal, demonstrasi di rumah konsumen, dan air alkali gratis untuk promosi produk mereka. Namun, bagi orang-orang yang merasa bahwa berbagai manfaat tersebut tidak sepadan dengan biaya mahal yang harus mereka keluarkan, mendapatkan sebuah mesin air ionisasi dengan komponen yang lebih berkualitas, perlindungan garansi dan pengembalian barang dengan jangka waktu yang lebih lama, dan harga yang murah akan menjadi lebih mudah.

Baca artikel selanjutnya...

Apakah Enagic/Kangen Telah Melakukan Pemasaran yang Tidak Bermoral dan Telah “Merampok” Konsumen Amerika Serikat?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun