Mohon tunggu...
Alvan Lazuardie Alkhaf
Alvan Lazuardie Alkhaf Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Mahasiswa Biasa, dan Pemimpi Besar

Mahasiswa biasa yang berkeinginan besar menjadi wartawan dan penulis karya sastra handal. Berkeinginan agar novel karya saya bisa difilmkan (insya Allah kalau ada yang mau melirik).

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Lupakan Hinaan, Tataplah Masa Depan

12 Juni 2020   17:00 Diperbarui: 12 Juni 2020   17:04 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

: Aku kira freestyler tidak punya kitab tahan banting, ternyata eh ternyata...

Aku tahu, pasti ada yang mengganjal dalam benakmu ketika tengah tampil di depan umum. "Ih, itu olahraga apaan, sih? Kok, kesannya seperti melihat mereka menari-nari tidak jelas begitu?" Atau yang lebih parah, "Ah, ini tontonan tidak menarik. Lebih baik aku nonton film ketimbang melihat topeng monyet yang asyik bereksperimen dengan bola sepak miliknya. Basi."

Anggapan itu pastinya akan merendahkan martabat dan perasaanmu. Aku percaya, dibalik hinaan itu, pastinya kau akan melihat dan meraba masa depanmu, dengan menggeluti kesukaan yang tidak biasa ini. Mana mungkin kau akan mengatakan kepadaku bahwa, "Itu satu anggapan murahan dan rasanya menyakitkan hati". Tapi, kau malah menganggapnya sebagai suntikan semangat untuk jadi lebih baik lagi.

Aku malah menyukai inisiatifmu untuk mengabaikan anggapan-anggapan kampungan itu. Engkau dan bola yang biasa kau mainkan juga bisa maju kedepan dalam melawan stigma negatif dan melangkah menuju pantai masa depan yang indah dalam kehidupan ini.

Dulu, kau pernah berkata, "Kalau hinaan dan cacian itu disimpan terus, mau sampai kapan bisa maju untuk memperbaiki kehidupanku sendiri. Aku tidak pernah ambil pusing akan semua itu. Santailah. Dunia tidak hancur bila menjadi freestyler." Aku tertawa terbahak mendengar perkataanmu itu. Lucu juga kalau kau berkata bahwa 'dunia takkan hancur karenanya'. Baiklah.

Bila kau ingin menerbitkan kitab freestyler, rekrutlah aku untuk menulis sabda-sabda yang akan disimpan dalam benak semua calon freestyler, khususnya bagi yang masih amatiran dan cengeng dalam menggeluti olahraga istimewa ini. Ya, aku akan menulis sabdanya, kurang lebih begini:

"Lupakanlah semua hinaan itu, tataplah masa depan yang ingin kau raih!"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun