Mohon tunggu...
Koteka Kompasiana
Koteka Kompasiana Mohon Tunggu... Administrasi - Komunitas Traveler Kompasiana

KOTeKA (Komunitas Traveler Kompasiana) Selalu dibawa kemana saja dan tiada gantinya. | Koteka adalah komunitas yang didesain untuk membebaskan jiwa-jiwa merdeka. | Anda bebas menuliskan apapun yang berkaitan dengan serba-serbi traveling. | Terbentuk: 20 April 2015, Founder: Pepih Nugraha, Co-founder: Wardah Fajri, Nanang Diyanto, Dhave Danang, Olive Bendon, Gana Stegmann, Arif Lukman Hakim, Isjet, Ella | Segeralah join FB @KOTeka (Komunitas Traveler Kompasiana) Twitter@kotekasiana, Instagram @kotekasiana dan like fanspage-nya. Senang jika menulis di Kompasiana, memberi tag Koteka dan Kotekasiana di tiap tulisan anda! E-mail: Kotekakompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Event Komunitas Online Artikel Utama

Ngintip Bulgaria Lewat Zoom, Yuk!

21 Juli 2021   07:00 Diperbarui: 21 Juli 2021   17:30 219 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ngintip Bulgaria Lewat Zoom, Yuk!
Sabtu ini kita ke Bulgaria (Dokumentasi: Koteka)

Hi, everyone. Apa kabar?

Sabtu lalu, Komunitas Traveler Kompasiana sudah menghadirkan topik "Situasi Pandemi di Finlandia dan Estonia serta Sekilas Helsinki." 

Setelah menghadirkan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI untuk Finlandia dan Estonia, H.E. Ratu Silvy Gayatrie, kita jadi tahu bagaimana perkembangan situasi pandemi di negara yang terkenal nomor satu dalam dunia pendidikan itu. 

Ibu Dubes mengatakan bahwa Finlandia adalah contoh negara yang memiliki populasi masyarakat yang mengembangkan Islam, sangat bersahabat dengan alam, bertanggung jawab terhadap sosial, transparan, dan menjunjung tinggi pendidikan SDM. Ini bisa menjadi inspirasi kita di tanah air, supaya lebih maju dan memperhatikan hal-hal sederhana tapi penting yang sempat terlewatkan selama ini. 

Selain itu, kita pasti ingat, Finlandia adalah negara yang punya andil besar dalam perdamaian antara NKRI dengan GAM beberapa tahun yang lalu. Di negara Nordic itu, kita bisa melihat bangunan kuno yang lestari dan dilindungi UNESCO. 

Penduduknya yang sedikit, memiliki beberapa karakter masyarakat modern Eropa seperti hidup sendiri dan individualis itu menghuni wilayah yang sangat luas. Alamanya sangat hijau, menenangkan. Yang mau mengejar Aurora Borealis, bisa ke sana juga, lho.

Sedangkan kerja sama di bidang pendidikan, ada program Darmasiswa dari Indonesia yang memberikan kesempatan generasi muda Finlandia untuk belajar ke Indonesia. Finlandia sendiri menawarkan LPDP kepada pemuda-pemudi Indonesia. 

Semoga akan semakin banyak mahasiswa-mahasiswi atau para dosen yang mendapatkan kesempatan ke sana, setelah corona berakhir. Apalagi karena Kotekatalk kali itu bekerja sama dengan International Office Universitas PGRI Semarang. Semoga benar-benar menginspirasi dan memotivasi untuk mencari ilmu sampai ke Finlandia.

Dan Sabtu ini, Koteka akan mengundang semua yang berminat untuk tahu lebih jauh tentang Bulgaria, permata tersembunyi di Semenanjung Balkan.

Bersama Diaspora di Pegunungan Pirin-Rila, di lembah Razlog, Bulgaria yang juga co-founder Great (Gerakan Kerelawanan International) yang lahir di Indonesia, Ismi Novia Fidosheva, ada moderator Ony Jamhari yang akan memandu acara Kotekatalk ke-45 membahas tentang "Situasi Pandemi di Bulgaria dan Sekilas Permata Tersembunyi di Semenanjung Balkan."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN