Mohon tunggu...
Koteka Kompasiana
Koteka Kompasiana Mohon Tunggu... Administrasi - Komunitas Traveler Kompasiana

KOTeKA (Komunitas Traveler Kompasiana) Selalu dibawa kemana saja dan tiada gantinya. | Koteka adalah komunitas yang didesain untuk membebaskan jiwa-jiwa merdeka. | Anda bebas menuliskan apapun yang berkaitan dengan serba-serbi traveling. | Terbentuk: 20 April 2015, Founder: Pepih Nugraha, Co-founder: Wardah Fajri, Nanang Diyanto, Dhave Danang, Olive Bendon, Gana Stegmann, Arif Lukman Hakim, Isjet, Ella | Segeralah join FB @KOTeka (Komunitas Traveler Kompasiana) Twitter@kotekasiana, Instagram @kotekasiana dan like fanspage-nya. Senang jika menulis di Kompasiana, memberi tag Koteka dan Kotekasiana di tiap tulisan anda! E-mail: Kotekakompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Event Komunitas Online Artikel Utama

Sabtu Ini Koteka Ajak Kalian ke Helsinki, Finlandia!

14 Juli 2021   01:18 Diperbarui: 15 Juli 2021   17:33 285 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sabtu Ini Koteka Ajak Kalian ke Helsinki, Finlandia!
Ayo ke Helsinki Sabtu ini bersama Koteka, KBRI Helsinki dan IO UPGRIS (Dokumentasi Koteka)

Hallo, semuanya. Apa kabar? Masih sehat dan bahagia?

Sabtu lalu, 10 Juli 2021, Komunitas Traveler Kompasiana telah mengajak kalian semua mengikuti Kotekatalk talk show melalui Zoom bersama Mami Kartika Affandi.

Putri maestro Affandi yang juga pelukis ini ternyata juga menjadi perupa atau pematung. Kedua seni itu merupakan hobi dari mami Kartika sejak kecil. Ternyata mami Kartika sudah sejak kecil bermain lempung atau tanah liat, makanya bukan hal baru Kalau mami hobi membuat patung selain melukis. 

Waktu kecil, kalian suka main apa? Samakah dengan karir yang sekarang ini dijalani?

Dalam acara online mingguan Koteka itu, ada banyak gambaran patung dan relief yang dipaparkan dalam presentasi power point. Di "Omahe Kartika" misalnya, lebih banyak patung berwujud kondom warna-warni. Itu merupakan hasil oleh-oleh perjalanan mami ke Belanda, di mana mami mengunjungi red light distric di sana.

Jika kita ke Museum Affandi di Jl. Adi Sucipto Jogjakarta akan banyak ditemui karya baru mami berbentuk relief yang melukiskan biografi sang papi, Affandi. Salah satu karya mami, yakni relief Affandi-Gandi-Semar. 

Dengan satu telapak tangan berwarna oranye, warna fave mami Kartika, kita jadi ingat salah satu lukisan Affandi tentang ketiga tokoh yang digambarkan tadi; Gandi, Semar dan Affandi sendiri. Dua tokoh tersebut adalah idola Affandi. 

Mami Kartika juga kembali mengingatkan kita semua bahwa beda patung sama relief adalah, satunya 3 dimensi, satunya dua dimensi (biasa nempel di dinding).

Sehubungan dengan wisata, yang pengen ke Yogya, mami berujar, "...silakan berkunjung ke tempat wisata sesuai selera. Misalnya Kasongan, nggak hanya tempat belanja kerajinan gerabah tapi juga bisa ikut belajar membuatnya. Termasuk tawaran belajar melukis teknis Affandi di museum adalah wisata yang anti mainstream."

Terakhir mami berpesan untuk terus berkarya walau pandemi, umur bukan kendala. Itu menjawab pertanyaan putrinda, Kiki Budimanty di Ubud tentang apa yang ingin dicapai mami di usia senja ini. Seru sekali perbincangan santai dengan mami, bukan? Terima kasih kepada 38 peserta yang hadir pada hari itu.

Nah minggu ini, kami kembali mengundang teman-teman semua untuk hadir di Koteka Talkshow pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 17 Juli 2021
  • Pukul: 16.00-17.30 WIB/ 11.00-12.30 CEST (Berlin), 12.00-13.30 EEST (Helsinki)
  • Pendaftaran gratis: bit.ly/zoomingkoteka44
  • Hadiah: Kartu pos dan E-certificate.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN