Mohon tunggu...
Kornelius Permana Putra
Kornelius Permana Putra Mohon Tunggu... Gaming, Tech, Gadget

Halo, Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta, IlmuKomunikasi Suka gaming, gadget, tech, dll

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Hobi yang Menguntungkan dengan Mechanical Keyboard

8 April 2021   08:30 Diperbarui: 8 April 2021   08:32 116 2 0 Mohon Tunggu...

Apa arti dari kata “Hobi” :

  • Menurut KBBI : kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama.
  • Menurut Wikipedia : Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang.

Dalam arti tersebut pasti akan muncul pertanyaan, Lalu bagaimana bisa hobi menguntungkan? Padahal hobi bukan suatu pekerjaan atau kegiatan utama. Kenapa bisa jadi penghasilan utama saat ini?

Jawaban menurut saya sendiri, Hobi yang menghasilkan/menguntungkan itu cukup banyak proses, entah dari hasil research, mengulik ulik, atau suatu komunitas, jadi menurut saya sangat lah tidak mungkin bisa membuat hobi akan menguntungkan dalam waktu yang singkat.

Lalu pada kasus ini saya akan membahas hobi yang menguntungkan dalam Mechanical Keyboard, Pengertian Mechanical Keyboard sendiri adalah keyboard yang menggunakan pegas berupa spring atau metal atau aluminium, yang terletak pada tombolnya. Dan Cenderung mechanical Keyboard lebih mahal dari pada keyboard umumnya. Pertama kali keyboard mechanical di temukan adalah seri Keyboard IBM Model M pada tahun 1985.

Dalam Konteks ini mungkin akan timbul suatu pertanyaan lagi. Kenapa ada hobi Mechanical keyboard padahal ada keyboard biasa yang biasa kita pakai, Apa Perbedaannya dan apa yang membuat Keyboard Mechanical lebih unggul?

Jawaban menurut saya Yaitu pada tombolnya, tombol Mechanical Keyboard tersebut daya tahan menekan mencapai 50 juta tekanan, bahkan ada yang mencapai 100 juta tekanan, dimana itu akan menjadi investasi jangka panjang dalam memiliki keyboard. Dan dari daya tahan tersebut juga yang membuat Keyboard Mechanical Harganya bisa lebih mahal dari pada keyboard pada umumnya.

Sedangkan Keyboard yang pada umumnya biasa mengunakan Pegas berupa karet, dimana daya tahan kliknya hanya mencapai 1 juta klik saja.

Namun semakin beriringnya waktu, Keyboard mechanical memiliki banyak jenis, tidak hanya Jenis itu itu saja, ada yang jenis dalam jumlah tombol keyboard yang sedikit, lalu ada jenis yang memiliki tipe dalam feel atau tipe tombol yang memiliki rasa penekanan yang berbeda.

Apa yang membuat Mechanical Keyboard menjadi Hobi yang menguntungkan?

Daripada Keyboard konvensional pada umumnya, Mechanical keyboard bisa di produksi perseorangan sendiri karena dalam perbaikan mechanical keyboard lebih mudah dari pada keyboard pada umumnya dan sparepart pun termasuk murah harganya sedangkan keyboard yang pegasnya berbahan karet lebih sulit diperbaiki. 

Dengan mudahnya dalam perbaikan Hadir lah komunitas Mechanical Keyboard salah satunya yang ada di Indonesia adalah IMKG atau Indonesia Mechanical Keyboard Group. Banyak sekali orang disana saling berbagi pendapat dalam mechanical keyboard, dan juga ada yang menjual jasanya dalam perbaikan keyboard, membuat case keyboard, menjual sparepart keyboard, dan bahkan membuat keyboard sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN