Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Editor - Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Tertarik Memulai Bisnis Waralaba? Perhatikan Dulu Hal-hal Berikut

20 Oktober 2021   21:00 Diperbarui: 20 Oktober 2021   21:02 114 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sebuah pameran waralaba di Jakarta (sumber: kompas.com/Fika Nurul Ulya)

Bisnis waralaba merupakan ladang bisnis yang menjanjikan bagi mereka yang ingin mencari sumber penghasilan tambahan atau bahkan merintis usaha waralaba sebagai penghasilan utama.

Prospek bisnis waralaba sangatlah menggiurkan bagi banyak kalangan. Hal ini dikarenakan cukup dengan menyiapkan modal yang cukup, pemilik bisnis waralaba tidak perlu banyak mengurus hal-hal teknis seperti bahan baku, konsep, dan aspek teknis lainnya, pemilik merek akan mengurus semua itu.

Karena kemudahan yang ditawarkan oleh bisnis waralaba, membuka franchise dari sebuah brand yang tenar menjadi bentuk bisnis yang banyak diminati oleh wiraswasta pemula.

Akan tetapi, demi mencegah terjadinya skenario yang tidak diinginkan dan memaksimalkan jumlah keuntungan banyak hal yang perlu Kompasianer perhatikan sebelum membuka bisnis waralaba.

Ingin tahu apa saja? Berikut 3 konten pilihan Kompasiana yang dapat menjawab kebingungan mengenai cara membuka bisnis waralaba.

1. Pentingnya Inovasi dalam Menjalankan Bisnis Waralaba

Ilustrasi negosiasi waralaba (sumber: freepik.com)
Ilustrasi negosiasi waralaba (sumber: freepik.com)

Dikutip dari artikel buatan Kompasianer Sri Pujiati, “Inovasi merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis waralaba”. Artikel ini fokus kepada seberapa pentingnya inovasi dalam bersaing dengan kompetitor waralaba lain.

Berangkat dari pengalaman pribadinya dan teman nya dalam mengelola bisnis waralaba, dia membandingkan dua bisnis waralaba. Satu yang berhasil karena terus berinovasi, dan satunya lagi yang kalah saing akibat kurangnya inovasi yang diimplementasikan.

Selain itu, dalam artikelnya, Sri Pujiati membahas berbagai cara bagi pemilik waralaba untuk bertahan di ketatnya persaingan usaha melalui berbagai inovasi dan terobosan. Kira-kira apa saja ya caranya? (Baca selengkapnya)

2. Perhatikan 4 Hal Ini untuk Memulai Bisnis Waralaba

Ilustrasi negosiasi waralaba (sumber: freepik.com)
Ilustrasi negosiasi waralaba (sumber: freepik.com)
Dengan semakin menjamurnya bisnis waralaba, bijak rasanya sebelum kita membuka sebuah franchise kita memperhatikan teliti berbagai aspek yang sekiranya dapat berdampak ke bisnis kita. Menurut Kompasianer Anton 99, ada 4 aspek utama yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis waralaba.
Aspek-aspek tersebut mencakup hal-hal seperti: memilih penyedia waralaba yang terpercaya, memperhatikan komoditas yang nanti akan dijual,menentukan lokasi bisnis yang strategis, dan terakhir menyediakan sistem pendukung operasional.

Semua aspek tersebut mampu menunjang kesuksesan sebuah bisnis waralaba. Ingin tau lebih lengkap kenapa hal-hal tersebut dapat menjamin waralaba sukses? (Baca selengkapnya)

3. Lima Tips Memilih Bisnis Waralaba

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan