Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Anies Positif Covid-19 hingga Gaji Pegawai Negeri

2 Desember 2020   04:51 Diperbarui: 2 Desember 2020   04:52 540 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anies Positif Covid-19 hingga Gaji Pegawai Negeri
Diolah Kompasiana dari KOMPAS.com

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif Covid-19. Dalam sebuah keterangan tertulis, Anies menyampaikan bahwa dirinya dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes usap (swab) yang hasilnya keluar pada Selasa (1/12/2020).

Kabar mengenai positifnya Anies menjadi salah satu konten populer di Kompasiana, Selasa (01/12/2020).

Selain itu ada juga mengenai perubahan gaji pegawai negeri yang tidak lagi berdasarkan pangkat dan golongan.

Berikut kumpulan konten populer di Kompasiana yang sudah dirangkum:

Gubernur Anies Baswedan Positif Covid-19, Pemerintah Harus Kembali Fokus ke Kesehatan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi dirinya positif Covid-19 (screenshot instagram @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi dirinya positif Covid-19 (screenshot instagram @aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi bahwa dirinya dinyatakan positif terpapar virus COVID-19.

Kasus positif Covid-19 yang menimpa Anies Baswedan hendaknya bisa menjadi alarm bagi pemerintah untuk kembali fokus masalah kesehatan. Sebab, 2 bulan terakhir masyarakat menjadi kian abai dengan protokol kesehatan.

Lalu apa yang harus dilakukan pemerintah untuk tetap fokus pada masalah kesehatan warganya? (Baca selengkapnya)

Manusia Silver, antara Sukarealawan, Seniman, atau Pengemis?

Ilustrasi: Salah satu patung manusia silver di Kota Tua yang sedang beraksi pada Rabu (27/11/2019) menghibur pengunjung. (Foto: Kompas.com/Gabriella Wijaya)
Ilustrasi: Salah satu patung manusia silver di Kota Tua yang sedang beraksi pada Rabu (27/11/2019) menghibur pengunjung. (Foto: Kompas.com/Gabriella Wijaya)
Manusia Silver dalam definisi fitrahnya sebenarnya adalah para seniman yang mendandani dirinya secara unik dan kreatif. Hal itu merupakan upayanya untuk menarik perhatian sekaligus "menghibur" orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Penampilan mereka di depan khalayak merupakan bagian dari show yang mereka pertontonkan seperti halnya seorang pengamen yang memainkan alat musik. Mereka diberikan "sumbangan seikhlasnya" oleh orang-orang yang berkenan dengan aksinya atau mungkin merasa bersimpati.

Beberapa kali kita mungkin pernah menjumpai anak-anak muda berlumuran cat warna silver di persimpangan lampu merah, pusat keramaian, pom bensin, dan beberapa tempat yang lain.

Pertanyaannya sekarang, apakah mereka sudah mendapatkan perhatian secara layak? (Baca selengkapnya)

Dilema Menyikapi Tren "Thrifting"

Ilustrasi: Pasar Lereng di Bukittinggi, menjual kebutuhan sandang bekas impor. (KOMPAS.COM/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Ilustrasi: Pasar Lereng di Bukittinggi, menjual kebutuhan sandang bekas impor. (KOMPAS.COM/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menilai pakaian bekas ilegal tidak higienis dan berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat. Hasil uji laboratorium Kemendag melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, menyebut bahwa pakaian bekas mengandung ratusan ribu bakteri berbahaya.

Menurut Heru Pambudi, Dirjen Bea dan Cukai Indonesia dalam tayangan bertajuk "Customs Protection" (Net.TV, 2018), penyelundupan pakaian bekas mengganggu industri dalam negeri, sehingga mutlak menjadi tugas Bea Cukai untuk memberantasnya. Harapannya bisa memajukan dan mendorong industri dalam negeri, termasuk industri kecil dan menengah, untuk dapat menikmati pasar dalam negeri yang memang besar. Penyelundupan pakaian bekas juga merugikan mereka yang telah membayar pajak.

Sedikit pemahaman tersebut lantas memunculkan dilema dalam diri terkait maraknya kembali tren thrifting. Thrifting dalam konteks ini adalah pakaian bekas yang diimpor secara ilegal.

Lalu, apakah kamu akan tetap berburu pakaian bekas ini? (Baca selengkapnya)

Ketika Passion Menulis Mulai Luntur...

Ilustrasi penulis yang kehilangan ide menulis. Gambar: pixabay | free-photos
Ilustrasi penulis yang kehilangan ide menulis. Gambar: pixabay | free-photos

Tulislah apa yang menjadi keresahanmu. Pesan ini pernah disampaikan Raditya Dika dalam sebuah tanya jawab dalam acara penutupan tur stand up comedy yang ia selenggarakan.

Mengapa demikian? Karena menceritakan keresahan itu paling mudah dan menarik untuk disimak. Pengalaman yang unik, menyedihkan, atau membahagiakan akan membuat orang lain lebih mudah larut ketika membacanya. Maka tulisan ini memang sedikit berbau keresahan. (Baca selengkapnya)

Gaji Pegawai Negeri Tidak Lagi Tergantung Pangkat dan Golongan

istimewa
istimewa
Tak lama lagi, akan terjadi perubahan yang radikal dalam sistem penggajian pegawai negeri tersebut. Seperti yang diberitakan detik.com (27/11/2020), sistem pangkat dan gaji pegawai negeri sipil (PNS) bakal diubah dan sedang disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Disebutkan juga bahwa formula gaji PNS yang baru akan ditentukan berdasarkan beban kerja, tanggung jawab, dan risiko pekerjaan. Implementasinya dilakukan secara bertahap, diawali dengan pengubahan sistem penggajian yang semula berbasis pangkat, golongan ruang dan masa kerja menuju ke sistem penggajian yang berbasis pada harga jabatan.

Dengan begitu, akan seperti apa nantinya gaji pegawai negeri ini akan diberikan? (Baca selengkapnya)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x