Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Cara Belanja Online Biar Tidak Merugikan Orang Lain

19 Mei 2021   00:33 Diperbarui: 19 Mei 2021   05:48 352 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Belanja Online Biar Tidak Merugikan Orang Lain
Ilustrasi belanja online. (Diolah kompasiana dari sumber Shutterstock via kompas.com)

Marketplace apa yang sering kamu gunakan? Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak, atau yang lainnya? Karena mereka, hidup kita pun dipermudah. Belanja tak lagi harus keluar rumah.

Meski begitu, belum semua orang bisa memahami cara kerja marketplace. Belum lama ini, viral sebuah video yang menampilkan seorang ibu yang belanja dengan metode COD. Ia marah-marah kepada kurir karena barang pesanannya tak sesuai harapan. Ia pun enggan membayar orderannya.

Kisah ini bukan kali pertama terjadi di Indonesia. Masih banyak orang gagap belanja online, memahami sistem marketplace, bingung mengoperasikan aplikasi, hingga berimbas merugikan orang lain.

Membantu semua pihak yang kini sangat bergantung pada metode belanja online, Kompasiana mengajakmu untuk membuat artikel tutorial cara menggunakan marketplace.

Berikan pula pemahaman apa itu COD, PO/pre-order, cashback, dropshipper, trusted, pengiriman instan, dan istilah-istilah lainnya yang mungkin masih awam bagi orang lain. Bisa dari marketplace apapun!

Beri judul kontenmu dengan kata-kata yang mewakili bahwa kamu sungguh menulis tutorial. Misalnya, mulailah judul dengan: "Kiat", "Ketahui Cara ...", "Ini Tip untuk ...", dan lain sebagainya.

Silakan tambah label Belanja Online (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

Dok. Kompasiana
Dok. Kompasiana

VIDEO PILIHAN