Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Karena Hidangan Lebaran Tak Hanya Opor dan Rendang

13 Mei 2021   08:00 Diperbarui: 19 Mei 2021   00:44 281 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karena Hidangan Lebaran Tak Hanya Opor dan Rendang
Makanan lebaran. Diolah dari Shutterstock | SS

Di antara opor, rendang, atau sambal goreng ati, mana yang pertama kamu incar saat lebaran?

Menu masakan untuk Idulfitri memang identik dengan santan, gurih, pedas-asam, dan berlemak. Hati-hati risiko kolesterol dan panas dalam ya! Tapi, sesekali sih tidak apa-apa. Toh lebaran hanya satu kali dalam setahun. Bisa dimaklumi bila disantap secukupnya.

Tetapi tidak semua makanan lebaran itu hanya berkisar opor, rendang, dan sambal goreng ati lho. Nah ini saatnya Kompasianer mengenalkan kuliner lebaran khas daerahnya masing-masing!

Misalnya asam padeh ala Minang, coto Makassar, uli dan dodol Betawi, asinan donggala dari Cirebon, lontong kari Jawa Barat, poteng jaje tujak dari Lombok, ketupat kandangan kuah ikan Banjarmasin, dan lain sebagainya. Atau lebih suka hidangan khas Timur Tengah?

Ceritakan ragam santap lebaranmu di rumah. Bagaimana cara menyantapnya? Mana yang menjadi favoritmu? Apa kuliner yang semakin jarang ditemukan? Bagaimana resep pembuatannya? Di mana dijualnya?

Silakan tambah label Makanan Lebaran (menggunakan spasi), masukkan ke kategori "Foodie" atau "Kuliner" pada tiap konten yang dibuat.

Dok. Kompasiana
Dok. Kompasiana

VIDEO PILIHAN