Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Dilanda Overthinking

19 Maret 2021   23:50 Diperbarui: 22 Maret 2021   16:32 956 24 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dilanda Overthinking
Iustrasi Overthinking (Diolah kompasiana dari sumber pexels/Juan Pablo Serrano Are)

Sebagian dari kamu pasti pernah mengalami kesulitan tidur karena dilanda overthinking atau memikirkan segala sesuatu secara berlebihan, entah itu perihal karir, asmara, pendidikan, dan lain sebagainya.

Pemicu overthinking ini bisa terjadi karena menyesali kenangan pilu di masa lalu. Bisa juga karena ada persoalan receh yang dipicu oleh obrolan warganet, misalnya, "Zebra itu kuda hitam belang-belang putih, atau putih belang-belang hitam?"

Tiap orang memang punya alasan overthinking-nya sendiri. Lalu, bagaimana denganmu? Apakah kamu sekarang juga sedang dilanda overthinking? Apa alasannya? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Eits... sini dong curhat, jangan disimpan sendiri, daripada stres. Beri tahu juga gimana kiat mengatasi overthinking tersebut. Soalnya, kalau terlalu sering kan nggak bagus juga buat kesehatan. Nanti jadi kurang tidur, stres, dan kurang produktif.

Jangan sungkan, silakan bagikan kisahmu maupun pengalamanmu terkait overthinking. Boleh kisah sendiri, pengalaman mendengar curhatan temanmu yang sedang overthinking dan seperti apa kiatnya.

Kalau Kompasiner punya rekomendasi buku "self-help" atau podcast yang rasa-rasanya cocok nih direkomendasikan buat mereka yang sedang overthinking, boleh juga lho!

Tulis topik ini di Kompasiana dengan memasukkannya ke dalam kategori "Diary" dan sematkan label Overthinking pada tiap konten yang dibuat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x