Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu...

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Sulitnya Membuat Produk Kulit "Handmade"

17 Maret 2019   09:00 Diperbarui: 17 Maret 2019   09:11 0 0 0 Mohon Tunggu...
Sulitnya Membuat Produk Kulit "Handmade"
Slide kulit handmade yang dibuat saat workshop dengan The Tavern by Voyej, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

 JAKARTA, KOMPAS.com - Ada alasan di balik harga mahal sebuah produk kulit handmade. Setidaknya itu pelajaran yang diambil Kompas.com setelah mengikuti workshop The Tavern bersama Voyej.

Voyej merupakan brand asal Indonesia yang memproduksi produk kulit berkualitas.

Workshop kali ke-5 The Tavern ini adalah membuat sandal slide dari kulit nabati atau biasa disebut vegetable tanned leather.

Semula, membuat sandal slide tampak mudah, dibanding produk kulit lain seperti tas, dompet hingga card holder. Sebab, sandal slide tak memiliki banyak jahitan selain pada di sisi kanan-kiri cap.

Namun, setelah dicoba, ternyata butuh ketelitian dan keahlian untuk mendapatkan hasil sempurna.

Workshop yang dipandu oleh Bayu Prawira, product marketing assistant dari Voyej tersebut dimulai dari proses pemotongan. Ada tiga pola, untuk sol, bagian tapak, dan cap

Proses pemotongan pun harus sesuai ukuran kaki dan dilakukan dengan menggunakan cutter. Pastikan mata pisau tajam, sehingga kulit nabati yang tergolong memiliki serat tebal terpotong dengan sempurna.

Proses setelang pemotongan pola slide kulit handmade yang dibuat saat workshop dengan The Tavern by Voyej, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).
Proses setelang pemotongan pola slide kulit handmade yang dibuat saat workshop dengan The Tavern by Voyej, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).
Setelah itu buat garis kurang lebih 3 mm dari tepi dengan groover pada pola cap dan tapak. Untuk cap dibuat di bagian depan dan belakang, sementara untuk tapak disesuaikan pada pola cap.

Fungsi garis ini, selain untuk lem, juga acuan jahitan. Ada pun proses pengeleman dilakukan dengan lem putih.  

Kemudian buat lubang dengan stitching punch dua lubang. Pastikan lubang yang dibuat besar, sehingga tak membuat kesulitan ketika proses menjahit.

Ketika semua sudah terlubangi, waktunya untuk menjahit. Nah, untuk panjang benang yang dipakai yakni 5x lebar cap untuk setiap sisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3