Mohon tunggu...
Acek Rudy
Acek Rudy Mohon Tunggu... Konsultan - Palu Gada

Entrepreneur, Certified Public Speaker, Blogger, Author, Numerologist. Mua-muanya Dah.

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Resep Sapi Cah Saos Tiram Tanpa Ribet

11 November 2022   15:29 Diperbarui: 11 November 2022   15:38 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Resep Sapi Cah Saos Tiram, Tidak Pakai Ribet (gambar: fimela.com)

Saya bukan orang yang jago masak, tapi bagi saya masak itu mudah. Aih... ini bukan sekadar sok-sokan. Acek akan membuktikannya dengan menulis artikel tentang "Tips Memasak Mudah."

Jadi begini, Kompasiana itu adalah gudangnya penulis. Namun, sepertinya ada beberapa wilayah yang sudah dikuasai gender tertentu. Yang paling kelihatan adalah: Politik milik kaum pria, dan resep masakan milik kaum hawa.

Apa yang terjadi? Apakah wanita tidak berpolitik? Tidak juga, banyak politikus wanita yang hebat di Indonesia. Apakah pria tidak tahu memasak? Tidak juga, sebabnya saya berteman dengan banyak chef pria. Dan mereka hebat-hebat.

Tapi di Kompasiana?

Tidak juga sih, setahu Acek ada beberapa yang pernah menulis resep. Kang Efwe dengan ikan nilanya. Om Budi Susilo dengan mie instan ala warungnya. Om Mas Arief R. Saleh dengan nasi putihnya. (Terakhir batal karena takut terdeteksi mesin cek plagiat Kompasiana)

Engkong Felix? Ah dia lebih suka dengan soto jadi-jadian. (baca: ready to serve).

Mengapa demikian? Dugaan saya ada dua; 1) kaum pria di Kompasiana memang bukan ahli masak, 2) Takut dirisak emak-emak karena kurang garam.

Aih, memang ribet. Sebabnya memasak itu adalah soal presisi yang bercampur dengan hati. Sedikit salah perhitungan, akan masuk ke dalam jurang omelan. Bukan hanya menyia-nyiakan bahan makanan, tapi juga siap menerima makian.

Masa sih?

Bagi saya sih, masak tidak seribet itu. Soal presisi bisa diatur. Soal rasa itu relatif. Tapi soal hati, tentu saja pria juga memilikinya. Apalagi jika sudah menyangkut sayang dan yayang. Eh...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun