Mohon tunggu...
Acek Rudy
Acek Rudy Mohon Tunggu... Konsultan - Palu Gada

Entrepreneur, Certified Public Speaker, Blogger, Author, Numerologist. Mua-muanya Dah.

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Ini 5 Jurus (Hemat) Bagi-bagi Angpao

27 Januari 2022   20:34 Diperbarui: 27 Januari 2022   20:43 313 36 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ini 5 Jurus (Hemat) Bagi-bagi Angpao (freepik.com)

Imlek belum saja datang, di grup perpesanan sudah ramai. Ributin angpao. Tentu saja Acek tahu kalau itu hanya lelucon semata. Meskipun, tetap harus waspada. Jangan sampai kecolongan. Eh...

Sebelum melanjutkan, disklaimer terlebih dahulu ya. Acek bukannya pelit lho, hanya saja terkadang lebih banyak irit. Jadi mohon dimaklumi teman-teman. Irit dan pelit itu tidak sama.

Namun, di luar sana banyak lho acek-acek yang pelit. Acek jadinya ingat si buyut yang sudah almarhum. Tiap kali cucu-cicitnya datang, ia pun bagi-bagi angpao sambil tertawa-tertiwi.

Iya wajar saja, namanya juga Imlek. Tapi, tunggu sampai kamu, kamu, dan kamu tahu siapa buyut Acek. Alkisah dia adalah seorang yang sangat pelit. Di zaman bahulea, seribu perak adalah angka yang standar untuk angpao. Mungkin setara dengan gobangan di zaman now.

Tapi, seminggu sebelum imlek, si buyut ini selalu meminta engkong-nya Acek untuk menukar uang seratus-seratus perak yang masih berwarna merah dan bergambar badak.

Pantesan saja buyut terkekeh-kekeh. Enteng ujarnya. Sebabnya cuan yang ia dapat dari angpao anak-anaknya bisa mencapai sepuluh ribu rupiah. Jika diitung-itung, menurut pekiraan Acek, si buyut ini masih cuan minimal 7.000 rupiah.

Dosalah kamu, Acek. Menertawai buyut.

Akibatnya Acek pun ikut-ikutan. Bukan namanya pedagang China jika tidak tau cuan-rugi. Imlek adalah momen terpenting setahun sekali untuk menguji kemampuan matematika-mu.

Rumusnya demikian. Jumlah anak yang belum menikah (= pemasukan). Jumlah anak keluarga, sahabat, yang belum menikah (= pengeluaran). Sebabnya, hanya mereka saja yang belum menikah yang bisa terima angpao.

Dengan rumus aljabar sederhana, bisalah diitung berapa cuan-mu menjelang cap go meh nanti. Hasilnya? Acek selalu tekor. Haiyaaaa...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan