Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Konsultan - Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Video Ezy: Pengalamanku Menjalankan Usaha Waralaba Jadul

23 September 2021   10:59 Diperbarui: 23 September 2021   11:05 254 25 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Video Ezy: Pengalamanku Menjalankan Usaha Waralaba Jadul
Logo Video Ezy (wikipedia.org)

Tidak terasa 20 tahun telah berlalu. Banyak yang telah berubah, termasuk wajah dunia usaha. Di zaman sekarang, internet menjadi moda utama dan terutama. Toko online hingga bisnis antar jemput, semuanya bisa dikendalikan melalui gawai.

Sulit membayangkan bagaimana bisnis bisa berjalan tanpa bantuan kuota. Tapi, itu dulu. Ada juga masa-masa indah saat internet masih barang ekslusif. Wajah dunia usaha tidaklah suram. Ia masih bisa tersenyum dengan segala keterbatasan.

Khususnya pada bisnis waralaba

Tidak terasa 20 tahun telah berlalu. Masa di mana saya dan dua orang kawan lainnya menjalankan bisnis waralaba jadul. Namanya Video Ezy yang menyediakan jasa persewaan VCD dan DVD.

Sebenarnya bisnis persewaan film bukanlah hal yang baru. Di zaman bapakmu dulu, sudah banyak rental video VHS. Film-film silat Hong Kong mendominasi setiap hiburan rumah tangga. Ditonton ramai-ramai, minum coca-cola pula.

Setelah zaman VHS mulai pudar, muncullah laser disc. Bisnis persewaan yang satu ini agak ekslusif. Baik alat pemutar maupun piringannya tergolong mahal. Investasi usaha hanya bisa dijalani oleh beberapa pengusaha dengan modal besar.

Hingga muncullah VCD yang cukup viral di zamannya. Harga lebih murah, kualitas gambar tidak kalah moncreng. Tetiba koleksi film mulai banyak. Dulunya yang tidak diproduksi oleh laser disc, sekarang mulai muncul. Khususnya film-film serial asing.

Seiring waktu berjalan, bisnis VCD bajakan pun mulai tumbuh subur. Mulai dari lesehan pinggir jalan, hingga mal mahal. Ada pula yang bisa diantar langsung ke rumah.

Video Ezy, Bisnis Persewaan Modern

Video Ezy datang dengan solusi kebaikan. Menyewakan VCD original dengan koleksi film ribuan. Penikmat bisa hemat banyak, tidak perlu lagi membeli VCD asli yang harganya 50.000an. Harga sewa semalam di Video Ezy hanya 5.000 perak saja.

Syahdan, kami pun mendapat lisensi sebagai terwaralaba (franchisee) tunggal di kota Makassar. Modal dikumpulkan, setara dengan dua mobil Avanza baru pada masa itu.

Investasi berupa kontrak ruko, rak pajangan, komputer, peralatan lainnya, dan juga biaya administrasi pembukaan outlet baru. Sementara untuk koleksi film yang akan disewakan telah disediakan oleh pihak pewaralaba (franchisor).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan