Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pernyataan JK: Hanya 1 Muslim dari 10 Orang Kaya Indonesia Benar, tapi...

16 Juni 2021   21:56 Diperbarui: 16 Juni 2021   22:09 808 32 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pernyataan JK: Hanya 1 Muslim dari 10 Orang Kaya Indonesia Benar, tapi...
Pernyataan JK,

Pernyataan mantan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla baru saja menuai reaksi beragam dari netizen. Menurutnya hanya 1 muslim dari 10 orang kaya.

Pernyatannya tersebut disampaikan dalam acara Majelis Nasional KAHMI, Senin 14 Juni 2021. Hadir juga Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Dari sisi ekonomi apabila ada 10 orang kaya, maka paling tinggi 1 orang muslim. Tapi apabila 100 orang miskin, setidaknya 90 umat yang miskin. Jadi pincang keadaan ekonomi kita," ujar JK.

Ferdinand Hutahean, eks politikus Demokrat adalah salah satu yang bereaksi. Ia menilai penyataan JK yang menghubungkan orang kaya dan agama tidak tepat.

Menurut Ferdinand, orang menjadi kaya bukan karena agama, tapi dari usaha dan kerja keras. Ia juga menilai jika pernyataan JK cenderung bersifat provokatif dan bisa menimbulkan kebencian antar umat beragama.

Reaksi beragam juga datang dari netizen. Salah satunya dari @feylazyaw, "Hai @Pak_JK 10 orang kaya di Indonesia, 1 muslim. Saya beritahu ya pak Yang 9 itu orang Indonesia. STOP mengkotak-kotakan bangsa ini," demikian yang tertulis.

Mungkin banyak yang marah, tapi jika ditilik dari sisi informasi, mungkin JK ada benarnya. Mari kita ulik faktanya;

Sepuluh orang terkaya Indonesia tahun 2021 telah dirilis oleh FORBES. Peringkat pertama masih ditempati oleh Hartono bersaudara dengan total kekayaan sekitar 41,2 miliar dollar AS.

Pada urutan selanjutnya diisi dengan nama sebagai berikut; 3) Sri Prakash Lohia, 4) Prajogo Pangestu, 5) Chairul Tanjung, 6) Dato Sri Tahir, 7) Eddy Kusnadi Sariatmadja, 8) Jerry Ng, 9) Martua Sitorus, dan 10) Theodore Rahmat.

Dari 10 nama orang terkaya di Indonesia ini, hanya Chairul Tanjung yang beragama Islam. Dengan demikian, pernyataan JK ada benarnya.  

Lantas bagaimana dengan orang miskin yang kebanyakan adalah muslim. Sayangnya data penduduk miskin yang dirilis oleh BPS pada 2020 tidak menyertakan agama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN